PENDAMPINGAN TEKNOLOGI ASISTIF BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH INKLUSIF GALUH HANDAYANI

 Abstract views: 98

Authors

  • Romi Ilham Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Hariadi Yutanto Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Yudha Delonix Renzina
  • Eka Cahya Maulidiyah Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/penamas.vol7.no02.a8094

Keywords:

teknologi asistif, inklusif, berkebutuhan khusus, learning management system, learning experience system

Abstract

Pendidikan inklusif merupakan sistem penyelenggaraan pendidikan yang diperuntukan bagi anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus atau keterbatasan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan teknologi asistif sebagai pengembangan akses bahan ajar bagi siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Inklusif Galuh Handayani dan optimalisasi manajemen sistem pembelajaran bagi guru. Teknologi asistif yang digunakan adalah platform DXML (Difabel Experience Management Learning), dimana siswa berkebutuhan khusus dapat mengoperasikan komputer melalui gerakan kepala (head detection), sehingga siswa dapat menonton video bahan ajar pada platform secara mandiri. Metode yang digunakan melalui pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru secara luring dengan praktek secara langsung dan pelatihan teknologi asistif bagi siswa berkebutuhan khusus melalui tiga tahapan, tahap persiapan meliputi observasi terhadap karakteristik siswa berkebutuhan khusus dan kesiapan guru maupun siswa, tahap kedua adalah penyelenggaraan pelatihan platform DXML bagi guru dan pendampingan bagi siswa berkebutuhan khusus, dan tahap ketiga adalah evaluasi kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan platform DXML secara mandiri. Pembekalan terlebih dahulu dilakukan terhadap guru sebagai fasilitator utama bagi siswa berkebutuhan khusus, disamping itu juga fasilitas manajemen pembelajaran (LMS = Learning Management System) yang terintegrasi pada platform DXML. Hasil dari penerapan manajemen sistem pembelajaran bagi guru secara keseluruhan memberikan manfaat dalam mengelola bahan ajar. Sedangkan penerapan teknologi asistif bagi siswa berkebutuhan khusus,  mampu membuat lima dari tujuh siswa berkebutuhan khusus mengakses bahan ajar secara mandiri baik disekolah maupun dirumah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-01-30

Most read articles by the same author(s)