SOSIALISASI DAN PENDAMPINGAN PENENTUAN HARGA JUAL, PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DAN PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL PADA UMKM JASA LAUNDRY DI BANYU URIP.

 Abstract views: 104

Authors

  • Lutfia khairani UIN Sunan Ampel
  • Haikal Ardinata Baharuddin UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Manda Destara Prameswari UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Dwi Putri Agustin UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Kiki Erlita Noviantika UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Angger Tri Pujasari UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Risdiana Puspita UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Muhammad Benito Awaludin Robani UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Ade Irma Suryani Lating UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya
  • Mohammad Dliyaul Muflihin UIN Sunan Ampel, Kota Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/penamas.vol8.no01.a9164

Keywords:

UMKM, laundry, Sistem Penganggaran, Strategi Pemasaran, teknologi

Abstract

UMKM merupakan usaha mikro kecil menengah, saat ini UMKM mengalami perkembangan pesat di setiap daerah, khususnya daerah surabaya barat. Dimana pada objek sosialisasi dan pendampingan kami yaitu UMKM laundry yang menyediakan jasa laundry dengan harga terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat. UMKM laundry memiliki peran penting dalam perekonomian lokal dikarenakan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan jasa laundry seiring dengan gaya hidup yang sibuk dan praktis. Hal ini menunjukkan semakin besar pendapatan yang diterima maka semakin meningkat juga biaya operasional yang dikeluarkan. Akan tetapi, pada objek yang kami observasi masih menerapkan sistem penganggaran yang sederhana (manual) serta kurangnya strategi pemasaran dan penggunaan teknologi secara efektif. Hal ini menyebabkan keterbatasan dalam efisiensi operasional dan daya saing usaha. 

Melalui pendekatan kualitatif, data dikumpulkan dari wawancara dengan pemilik UMKM laundry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan UMKM laundry sangat dipengaruhi oleh kemampuan manajerial dalam mengelola anggaran dan penerapan strategi pemasaran digital. Adopsi teknologi seperti aplikasi mobile untuk pemesanan dan pembayaran terbukti dapat meningkatkan efisiensi operasional dan daya saing usaha, namun belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh UMKM yang diamati.

Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pelaku UMKM laundry untuk meningkatkan kualitas sistem penganggaran, mengembangkan strategi pemasaran yang efektif, dan memanfaatkan teknologi secara optimal guna mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-18