KEMAMPUAN MENGGAMBAR ANIMASI KARTUN 2D SISWA KELAS XI SMK AL ISLAH SURABAYA DI ERA NEWNORMAL
Abstract views: 116Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh metode demonstrasi terhadap kemampuan menggambar animasi kasrtun 2D pada siswa kelas XI SMK AL ISLAH Surabaya di era newnormal, dilatar belakangi oleh pandangan siswa bahwa menggambar animasi 2D itu sedikit sulit dan penguasaan siswa dalam menggambar animasi 2D masih rendah. Pada skripsi ini peneliti menggunakan metode demonstrasi yang dimana metode demonstrasi sendiri adalah metode pembelajaran yang memperagakan barang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa metode pembelajaran demonstrasi dapat mempengaruhi nilai hasil menggambar animasi kartun 2D. adapun hasil validitas dapat terlihat peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelaaran yaitu pre-test 51,67% menjadi 64,33% post test. Terdapat perbedaan hasil belajar sebelum menggunakan metode pembelajaran demokrasi yang dibuktikan melalui uji hipotesis menggunakan T-test dimana nilai signifikan menunjukkan 0,600 s/d 0,800 yang artinya ditolak dan diterima yaitu “ada pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar antara nilai rata-rata pre-test sebelum menggunakan metode pembelajaran demonstrasi dan nilai rata-rata post test setelah menggunakan metode pembelajaran demonstrasi siswa kelas XI MM 1 di SMK AL ISLAH Surabaya”.