PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KOMIK SISWA KELAS VIII SI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO

 Abstract views: 142

Authors

  • Muhammad Misbakhul Munir Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Hariadie Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Belajar, Metode Demonstrasi, Menggambar Komik

Abstract

Gambar ilustrasi merupakan gambar yang berfungsi sebagai penghiasan serta membantu menjelaskan teks, kalimat agar lebih mudah dipahami, permasalahan yang sering dialami oleh siswa dalam kegiatan pembelajaran menggambar karena mereka belum memahami teknik menggambar yang mudah dan sederhana untuk itu peneliti menggunakan metode demonstrasi untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar komik. Demonstrasi adalah peragaan atau pertunjukan untuk menampilkan suaru proses terjadinya peristiwa. Menurut rusmiati (2007:2) mengatakan bahwa metode demonstrasi adalah pertunjukan tentang proses terjadinya suatu peristiwa pada sampai penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat dipahami peserta didik baik nyata maupun tiruan. Metode ini sebagai metode ilmiah karena telah memenuhi kaidah ilmiah yaitu kongkrit/empiris, obyektif, terukur, rasional, dan sistematis. Metode ini juga disebut kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistic. Sehubungan dengaan itu hasil peneelitian dapat di lihat bahwa setelah melakukan pre test dan post test maka siswa kelas yang menjadi sampel peneliti mengalami peningkatan belajar menggambar komik mencapai 96% hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode demonstrasi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menggambar komik

 

 

Kata Kunci: Belajar, Metode Demonstrasi, menggambar komik

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Muhammad Misbakhul Munir, & Hariadie. (2022). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR KOMIK SISWA KELAS VIII SI SMP NEGERI 2 TAMAN SIDOARJO. Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(1), 28–34. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/5205