PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASILBELAJAR MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA PADA SISWA KELAS VIIA SMP HANG TUAH 4 SURABAYA

 Abstract views: 137

Authors

  • Luthfi Naufal Rivaldi Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sepbianti Rangga P Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Metode demonstrasi, dekorasi flora, hasil belajar

Abstract

Metode pembelajaran yang biasanya digunakan guru pada saat pembelajaran menggambar flora hias hanya dengan ceramah dan pemberian tugas tidak mendapatkan hasil belajar dan kreativitas siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk menggunakan metode demonstrasi dalam pembelajaran menggambar flora dengan harapan akan terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik dari penguasaan konsep maupun kreativitas. Agar tujuan pembelajaran dapat tercapai, selain itu juga dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan memberikan penjelasan tentang langkah-langkah teknis menggambar flora hias. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, peneliti mengambil data kuantitatif dengan menggunakan metode tes tertulis dan karya menggambar siswa. Sampel yang diambil adalah 37 siswa. Pada tahap analisis hipotesis, peneliti menggunakan tes untuk membuktikan hipotesis penelitian. Peneliti uji juga menggunakan program SPSS 20 for Windows. Pengambilan sampel dari kelas eksperimen menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode dalam proses pembelajaran materi menggambar untuk hasil belajar dekoratif siswa baik dari segi nilai kognitif maupun kreativitas.

 

Kata kunci : Metode demonstrasi, dekorasi flora, hasil belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Luthfi Naufal Rivaldi, & Sepbianti Rangga P. (2022). PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASILBELAJAR MENGGAMBAR RAGAM HIAS FLORA PADA SISWA KELAS VIIA SMP HANG TUAH 4 SURABAYA. Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(1), 35–42. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/5206