PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SULAM BENANG PADA SISWA KELAS XII KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 JABON DI SIDOARJO

 Abstract views: 91

Authors

  • Lutfi Indri Rahnawati Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sepbianti Rangga P Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

Belajar, Metode demonstrasi, Sulam benang

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar sulam benang pada siswa SMK Negeri 1 Jabon di Sidoarjo yang dilatar belakangi oleh siswa yang kurang memahami akan mata pelajaran produktif khususnya pada mata pelajaran sulam benang, hal tersebut dikarenakan pembuatan karya sulam benang dibutuhkan akan ketelitian, kesabaran dan juga ketekunan yang membuat siswa harus melakukan pengkaryaan itu dengan waktu yang cukup lama. Maka dari itu pembuatan karya sulam benang yang baik dan berhasil tidak lepas dari persiapan dari guru dan murid dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Sehingga guru harus mencari cara bagaimana meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran sulam benang.Penelitian skripsi ini menggunakan metode demonstrasi yang merupakan sebuah metode pembelajaran dengan menggunakan suatu  alat dan bahan yang berfungsi sebagai peraga agar siswa dapat dengan mudah memahami materi yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat diketahui bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sulam benang, adapun hasil belajar peserta didik dapat terlihat bahwa adanya peningkatan terhadap prosentase nilai rata-rata yang sebelum menggunakan metode demonstrasi yaitu 60,5% sedangkan prosentasi nilai rata-rata peserta didik sesudah diterapkannya metode demonstrasi meningkat menjadi 83,6%. Sesuai hasil uji hipotesis yang telah diperhitungkan terbukti bahwa adanya pengaruh yang signifikan yang meningkat ketika pembelajaran menggunakan metode demonstrasi karena menunjukkan angka bergerak 0,800 - 1,00 yang berarti bahwa metode pembelajaran tersebut berpengaruh tinggi karena mengarah ke angka 1.

 

Kata kunci: Belajar, Metode demonstrasi, Sulam benang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-02-11

How to Cite

Lutfi Indri Rahnawati, & Sepbianti Rangga P. (2022). PENGARUH METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SULAM BENANG PADA SISWA KELAS XII KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 1 JABON DI SIDOARJO. Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 2(2), 15–19. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/5209