PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR PEMBUATAN BATIK IKAT CELUP PADA SISWA SMP ULUL ALBAB KELAS VIII SEPANJANG SIDOARJO
Abstract views: 143Keywords:
meningkatkan hasil belajarAbstract
Metode yang dimaksud adalah metode pengajaran yang menggunakan demonstrasi untuk memperjelas suatu pengertian atau meninjau kelas tentang suatu proses atau petunjuk untuk melakukan sesuatu. Metode tersebut dapat digunakan dalam ilmu pengetahuan alam, teknik, dan pembelajaran seni budaya. Menggunakan Metode Terhadap Hasil Belajar Membatik Ikat Celup Pada Siswa Kelas VIII SMP ULUL ALBAB Sepanjang Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis mengumpulkan data dengan memilih subjek penelitian, instrument atau data yang digunakan adalah jumlah jurus menurut Suharsimi Arikunto. Penelitian ini memakan waktu 3 minggu dengan 3 kali pertemuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap siswa. Pada teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, kemudian dianalisis dengan metode statistik nonparametrik yaitu Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Hasil tersebut diulang berdasarkan Tabel Hasil Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon Hasil Penilaian Siswa yang diperoleh dari Rank N Negatif satu ada satu siswa yang mengalami penurunan setelah menggunakan metode, Mean Rank dan Jumlah Peringkat satu siswa diperoleh sebanyak dua kali 1 nilai poin. Nilai Positif Pangkat Beras 24 Hal sebanyak 24 siswa hasil dari peningkatan Hasil Penilaian Siswa, dengan rata-rata kenaikan nilai rata-rata nilai 13,50 dan nilai total kenaikan Peringkat 324. Berdasarkan Tabel Statistik Uji Wilcoxon Hasil Penilaian Siswa menunjukkan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari alpha (α) = 0,05 maka dibuat dengan menggunakan metode secara signifikan meningkatkan hasil belajar membatik siswa kelas VIII-A SMP ULUL ALBAB Sepanjang Sidoarjo berdasarkan jumlah siswa secara keseluruhan.
Kata Kunci : Meningkatkan 'Belajar' Hasil