PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI KALIGRAFI

 Abstract views: 58

Authors

  • Mas udil ansori Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Sepbianti Rangga P Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Keywords:

metode, demonstrasi, pembelajaran, senirupa, kaligrafi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dan mengetahui metode yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar seni kaligrafi siswa kelas XII MA Darussalam Al Faisholiyah Ketapang Sampang. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode demonstrasi.

Teknik pengumpulan data dalam pembelajaran berupa tes tertulis, penugasan, observasi, penyebaran angket, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan dua tahap. Pertama menghitung persentase hasil belajar kognitif siswa dengan nilai rata-rata (55) dan tahap dua diperoleh nilai rata-rata (78). Dari perhitungan tersebut diperoleh registrasi rxy (0,52), menunjukkan adanya kekuatan yang signifikan, hugungan dan hasil dari registrasi rxy (0,52) menunjukkan pergerakan menuju +1 sehingga pedoman yang telah disajikan dapat dinyatakan bahwa korelasi X dan Y tergolong ke dalam meningkat secara signifikan.

Rangkuman Hasil Penelitian Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Seni Kaligrafi Siswa Kelas XII MA Al-Faisholiyah Darussalam Ketapang Sampang efektif dan terbukti meningkat.

 

Kata kunci: metode, demonstrasi, pembelajaran, seni rupa, kaligrafi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-03-01

How to Cite

Mas udil ansori, & Sepbianti Rangga P. (2022). PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP HASIL BELAJAR SENI KALIGRAFI. Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 3(1), 24–28. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/5224