PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS VIII B SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018 DI MTsN PLANDI JOMBANG

 Abstract views: 25

Authors

  • Siti Nurkhalimah Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Suparman Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian  adalah merupakan proses aktif yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka membangun pengetahuannya. Peran aktif peserta didik dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena ia merupakan proses pembelajaran. Pembelajaran berhubungan dengan bagaimana membelajarkan peserta didik atau bagaimana membuat peserta didik dapat belajar dengan mudah dan munculnya motifasi para peserta didik untuk mempelajari pelajaran sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Dalam pembelajaran bagi pra praktisi pendidikan di tuntut mencapai tujuan pembelajaran, sehingga dapat tercapai secara aktif, efesien dan menyenangkan.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Tindakan yang dipilih oleh guru harus yang bisa dilakukan oleh siswa dengan arahan dari guru. Adapun teknik pengumpulan data mengunakan Observasi, Wawancara, Angket, Teknik Evaluasi / tes, Dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus, masing-masing siklus dilakukan dengan satu kali pertemuan, bahwa tiap Siklus pertama dan kedua tahap kegiatan yang dilakukan mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian Sebelum tindakan, guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah, memberikan contoh dan setelah dilakukan penelitian dapat diketahui rata-rata sebelum tindakan adalah 76.21 siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa (67,56%), sedangkan setelah dilakukan penelitian Siklus I dapat diketahui nilai rata-rata 79 jumlah tuntas 29 siswa (78,37%) meningkat, dilanjutkan ke Siklus II hasil penelitian lebih meningkat dapat diketahui rata-rata 82,02 jumlah tuntas 34 siswa (91,89%). Penggunaan metode Discovery Learning telah meningkatkan kualitas pembelajaran. Nilai rata-rata kualitas pembelajaran sebelum tindakan sebesar 2.05, sedang pada siklus pertama sebesar 3.27 dan pada siklus kedua sebesar 4.05.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-17

How to Cite

Siti Nurkhalimah, & Suparman. (2023). PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL MENGGAMBAR ILUSTRASI SISWA KELAS VIII B SEMESTER GANJIL TAHUN PEMBELAJARAN 2017-2018 DI MTsN PLANDI JOMBANG . Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 4(1), 11–20. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/7967