Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Flora Siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan

 Abstract views: 27

Authors

  • Wahyuning Kurnia Rizki Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Tantra Sakre

Abstract

Penelitian ini pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan nilai-nilai seni budaya. Kemauan ini dapat ditumbuhkan apabila dilakukan serangkaian kegiatan pengamatan, penilaian, analisis dan penghargaan terhadap karya seni. Peneliti memilih penggunaan kegiatan menggambar flora sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan. Penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL)  pada siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan  terbukti  meningkatkan hasil belajar siswa,  sebelum tindakan yang tuntas ada 17 siswa atau  65,38%, pada siklus pertama siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa  atau 73,08 %, sedang pada siklus kedua siswa yang  tuntas sebanyak 25 siswa  atau   96,15 %. Dilihat dari ketuntasan belajar dari sebelum dilakukannya tindakan sampai dengan siklus kedua terdapat peningkatan. Penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melukis gambar flora di kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan. Sebelum tindakan sebesar 2.00, sedang pada siklus I sebesar 3.00 dan pada  Siklus II sebesar 4.50. Dengan demikian kualitas pembelajaran  dari sebelum tindakan sampai dengan Siklus II terjadi peningkatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-17

How to Cite

Wahyuning Kurnia Rizki, & Tantra Sakre. (2023). Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Flora Siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan. Racana : Jurnal Pendidikan Seni Dan Budaya, 4(1), 41–59. Retrieved from https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/7971