Penggunaan Metode Contextual Teaching And Learning (CTL) Guna Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Flora Siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan
Abstract
Penelitian ini pada dasarnya diarahkan untuk menumbuhkan kepekaan nilai-nilai seni budaya. Kemauan ini dapat ditumbuhkan apabila dilakukan serangkaian kegiatan pengamatan, penilaian, analisis dan penghargaan terhadap karya seni. Peneliti memilih penggunaan kegiatan menggambar flora sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan. Penggunaan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan terbukti meningkatkan hasil belajar siswa, sebelum tindakan yang tuntas ada 17 siswa atau 65,38%, pada siklus pertama siswa yang tuntas sebanyak 19 siswa atau 73,08 %, sedang pada siklus kedua siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa atau 96,15 %. Dilihat dari ketuntasan belajar dari sebelum dilakukannya tindakan sampai dengan siklus kedua terdapat peningkatan. Penggunaan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran melukis gambar flora di kelas VII D SMP Maarif NU Pandaan. Sebelum tindakan sebesar 2.00, sedang pada siklus I sebesar 3.00 dan pada Siklus II sebesar 4.50. Dengan demikian kualitas pembelajaran dari sebelum tindakan sampai dengan Siklus II terjadi peningkatan.