Studi Deskripsi : Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Studi Deskripsi : Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Authors

  • Miftakhul Jannah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus - Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2293

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Perekonomian Orang Tua, Sekolah Luar Biasa

Abstract

Perekonomian orangtua anak berkebutuhan khusus menengah ke bawah mengalami kesulitan pada kehidupan rumah tangga orangtua anak berkebutuhan khusus, maka akan terimbas kepada anak mereka. Salah satu aspek kebutuhan anak yang terimbas dan terlihat jelas adalah aspek pendidikan anak terutama bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekonomi orangtua anak berkebutuhan khusus menengah ke bawah terhadap pendidikan anak berkebutuhan khusus Metodologi yang digunakan adalah penelitian Kualitatif dengan subyek penelitian ini adalah orangtua anak berkebutuhan khusus menengah ke bawah yang terdiri dari 15 orangtua di Sekolah Luar Biasa Tunas Harapan IV Sumobito. Hasil dari penelitian ini perekonomian orangtua anak berkebutuhan khusus mempengaruhi pendidikan anak berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Miftakhul Jannah, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Khusus - Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Guru

References

(Fitria, 2016)Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. 86, 1–10.

Dan, T. U. A., Efficacy, S., Minat, T., & Studi, M. (2016). Economic Education Analysis Journal. 5(3), 1034–1045.

Fitria, T. N. (2016). Kontribusi Ekonomi Islam Dalam Pembangunan Ekonomi Nasional. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 2(03), 29–40. https://doi.org/10.29040/jiei.v2i03.3

Inklusi, D. I. S. (2014). Pemenuhan hak anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi. 176–186.

Jauhari, M. N. (2018). Keterlibatan Orangtua dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 55-64.

Orang, E., Dan, T. U. A., Sekolah, L., Siswa, P., Xii, K., Smk, A., & Kendal, N. (2014). Economic Education Analysis Journal. 3(1), 152–159.

Puspasari, D. E. K. A. (2018). Pengembangan Media Magic Drawer.

Puspitasari, V. Y. (2018). Implementasi Peraturan Gubernur Nomor 52 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penetapan Upah Minimum Provinsi, Upah Minimum Kabupaten/Kota Dan Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota Serta Penangguhan Upah Minimum Kabupaten/Kota Di Jawa Timur (Studi diKabupaten Jomb. 1–7.

Tua, O., Masyarakat, D. A. N., & Winarsih, D. S. (2013). Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Pendamping.

Tulangow, J. T., Mariati, N. W., & Mintjelungan, C. (2013). Gambaran Status Karies Murid Sekolah Dasar Negeri 48 Manado Berdasarkan Status Sosial Ekonomi Orang Tua. E-GIGI, 1(2), 85–93. https://doi.org/10.35790/eg.1.2.2013.2621

Vani, G. C., Raharjo, S. T., & Hidayat, E. N. (2015). Pengasuhan (Good Parenting) Bagi Anak Dengan Disabilitas. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 96–102. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i1.13263

Viii, B. (2005). Pendidikan Dan Perubahan Sosial-Budaya. 63–93.

Wijayanti, P. (2010). The aspiration of street children life is semarang. 1–30.

UU N0. 20/2003 tentang Sisdiknas, Dalam Bab I, Pasal I, Ayat 1

Downloads

Published

2020-05-14

How to Cite

Miftakhul Jannah. (2020). Studi Deskripsi : Perekonomian Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus Terhadap Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(1), 49–58. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2293
Loading...