Dongeng Arsitektur Rumah yang Inklusif dan Sehat pada Siswa Disabilitas Netra

DOI:
https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2676
Keywords:
Pengabdian, Dongeng, Kota, Rumah, Inklusi, AksesibelAbstract
Dunia saat ini menghadapi berbagai masalah lingkungan ekstrim seperti perubahan iklim global, polusi yang meningkat dan pandemi Coronavirus Disease (COVID-19). Karena itu isu lingkungan yang sehat menjadi isu utama pada tahun 2020. Generasi muda perkotaan memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan kota inklusif dan sehat. Di sisi lain, pendidikan penyandang disabilitas harus diintegrasikan dalam program sekolah luar biasa dengan penerapan Universal Design Learning(Desain Pembelajaran secara Universal). Kegiatan Dongeng Arsitektur Rumah yang Inklusif dan Sehat ini disusun untuk meningkatkan pemahaman siswa disabilitas atas kesehatan kota, keselamatan, dan kesejahteraan kota. Metode Participatory Action Research (PAR) pada akhir tahun 2017. Hal ini diukur dengan pemahaman rekan – rekan siswa disabilitas yang diukur dari berbagai puisi rumah yang dihasilkan. Buku Kisah Kota Kita ditemukan sangat memberikan inspirasi dan disampaikan dengan merabakan model rumah inklusif dan sehat. Dua model rumah sehat dipersiapkan sebelum acara mendongeng. Kegiatan ini melibatkan tiga puluh (30) siswa disabilitas netra dan empat guru disabilitas netra. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi para siswa untuk lebih memahami kota yang inklusif dan sehat. Sebagai catatan kegiatan ini dilakukan pada akhir 2017 sehingga tidak menerapkan protocol COVID-19. Jika kegiatan ini ingin diteruskan pada era COVID-19 ini, maka maket Arsitektur harus mudah dibersihkan. Selain itu sebuah maket Arsitektur hanya dapat dipergunakan oleh seorang siswa per hari. Sehingga upaya persiapan dan biaya yang dibutuhkan akan meningkat pesat.
Downloads
References
Adioetomo, S. M., Mont, D., & Irwanto. (2014). Persons with disabilities in Indonesia: Empirical facts and implications for social protection policies. Jakarta: Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), University of Indonesia Faculty of Economics Demographic Institute, Retrieved from http://www.tnp2k.go.id/images/uploads/downloads/Disabilities%20report%20Final%20sept2014%20(1)-1.pdf.
American Planning Association (2015), What is Planning, Retrieved from: https://planning-org-uploaded-media.s3.amazonaws.com/document/What-Is-Planning.pdf.
Cameron, L., & Contreras-Suarez, D. (2017). Disability in Indonesia: What can we learn from the data?, . Melbourne: The Australia Indonesia Partnership for Economic Governance, Monash University Department of Econometrics and Business Statistics & the Centre for Development Economics and Sustainability, Retrieved from https://www.monash.edu/__data/assets/pdf_file/0003/1107138/Disability-in-Indonesia.pdf.
Glass, D., Meyer, A., & Rose, D. (2013). Universal Design for Learning and the Arts. Harvard Educational Review, 83(1), 98-119. doi: 10.17763/haer.83.1.33102p26478p54pw
Japan International Cooperation Agency/ JICA, KRI International Corp, & Tekizaitekisho Llc. (2015). Data collection survey on disability and development in Indonesia. (pp. 174). Retrieved from http://open_jicareport.jica.go.jp/216/216/216_108_12245775.html
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2020), Situasi Terkini Perkembangan Coronavirus Disease (COVID-19) 23 September 2020, Retrieved from: https://covid19.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/info-corona-virus/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-23-september-2020/#.X25UM2gzY2w.
Miller G.T. (2003), Environmental science, working with earth, 10th edition, Brooks/Cole Thomson Learning USA.
Morales, M. P. E. (2016). Participatory action research (par) cum action research (ar) in teacher professional development: A literature review. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 156-165. Retrieved from: https://eric.ed.gov/?id=EJ1105165
Mudzakir, R., & Thomson, W. (2011). Grateful voices and greater expectations: Parents’ perspective on inclusive education in Indonesia (ProQuest Dissertations Publishing). Retrieved from http://search.proquest.com/docview/1037795727/.
Mulyadi, A. W. E. (2017). Policy of inclusive education for education for all in Indonesia. Policy and Governance Review, 1(3), 201–212.
Ozer, E. J. (2017). Youth‐led participatory action research: Overview and potential for enhancing adolescent development. Child Development Perspectives, 11(3), 173-177.
Tanuwidjaja, G., (2015) Desain Rumah untuk Hidup yang Bermartabat (Living in Dignity: Home Design). Indie Book Corner, Jl. Wahid Hasyim No. 3 Gorongan, Caturtunggal, Depok. ISBN 978-602-3090-98-3.
Tribunjatim.com (2017), Mahasiswa UK Petra Sumbangkan 20 Juta untuk Kelompok Disabilitas, https://jatim.tribunnews.com/2017/02/08/peduli-disabilitas-mahasiswa-uk-petra-sumbangkan-20-juta. Retrieved from: https://jatim.tribunnews.com/2017/02/08/peduli-disabilitas-mahasiswa-uk-petra-sumbangkan-20-juta
Undang Undang no. 20, Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Republik Indonesia.
Wardhani, D. K., & Ideo, W. (2014), Kisah kota kita [Our city story], Bhuana Ilmu Populer, Jakarta
World Health Organization WHO (2020), #HealthInSDGs Policy brief 1: Healthy cities, Retrieved from: https://www.who.int/healthpromotion/conferences/9gchp/policy-brief1-healthy-cities.pdf?ua=1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.