Ruang Lingkup Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

DOI:
https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2848
Keywords:
Bimbingan Konseling, Anak Berkebutuhan KhususAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanan bimbingan pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mendeskripsikan tentang layanan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa Jenis layanan bimbingan konseling yang hendaknya diberikan meliputi bimbingan konseling perkembangan pisik, bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar, bimbingan bimbingan konsling dalam mengatasi kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan bimbingan konsling vokasional atau bimbingan konseling karier. Semua anak berkebutuhan khususyang mengalami berbagai kelainan perlu mendapat semua jenis bimbingan konseling tersebut sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing. Bimbingan konseling di sekolah/lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus, hendaknya juga mempersiapkan mereka agar mereka betul-betul menikmati keberadaannya sebagai individu berkebutuhan khusus.
Downloads
References
Awwad, M. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64.
Hajar, S., & Mulyani, M. G. S. R. (2017). Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan Dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4(2), 37–48.
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). The Accessibility of Inclusive Schools in Surabaya. 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018). Atlantis Press.
Khoirunnisa, L. U. (2018). Bimbingan Dan Konseling Dengan Teknik Multikultural Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(5), 456–468.
Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.
Nurhayati, E. (2018). Bimbingan, Konseling, dan Psikoterapi Inovatif. Peer Review Buku.
Rachman, R. F. (2019). Implementasi Kebijakan Pusat Konseling Anak Dan Remaja Di Surabaya. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 77–91.
Rafikayati, A., Badian, L. I., & Boy, S. (2018). The Role of Counseling Guidance Teacher for Helping Self Adjustment of Special Needs Children in Inclusion School. 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018). Atlantis Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.