Ruang Lingkup Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

 Abstract views: 1718

Authors

  • Sambira Pendidikan Khusus - Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2848

Keywords:

Bimbingan Konseling, Anak Berkebutuhan Khusus

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanan bimbingan pada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bersifat kualitatif yang mendeskripsikan tentang layanan bimbingan bagi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat ditarik kesimpulan bahwa Jenis layanan bimbingan konseling yang hendaknya diberikan meli­puti bimbingan konseling perkembangan pisik, bimbingan konseling dalam meng­atasi kesulitan belajar, bimbingan bimbingan konsling dalam mengatasi kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan bimbingan konsling vokasional atau bimbingan konseling karier. Semua anak berkebutuhan khususyang mengalami berbagai kelainan perlu mendapat semua jenis bimbingan konseling tersebut sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan masing-masing. Bimbingan konseling di sekolah/lembaga pendidikan anak berkebutuhan khusus, hendaknya juga mempersiapkan mereka agar mereka betul­-betul menikmati keberadaannya sebagai individu berkebutuhan khusus.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sambira, Pendidikan Khusus - Universitas PGRI Adi Buana

Dosen

References

Awwad, M. (2015). Urgensi layanan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 4(1), 46–64.

Hajar, S., & Mulyani, M. G. S. R. (2017). Analisis Kajian Teoritis Perbedaan, Persamaan Dan Inklusi Dalam Pelayanan Pendidikan Dasar Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4(2), 37–48.

Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2018). The Accessibility of Inclusive Schools in Surabaya. 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018). Atlantis Press.

Khoirunnisa, L. U. (2018). Bimbingan Dan Konseling Dengan Teknik Multikultural Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. E-Jurnal Mitra Pendidikan, 2(5), 456–468.

Lisinus, R., & Sembiring, P. (2020). Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus (Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling). Yayasan Kita Menulis.

Nurhayati, E. (2018). Bimbingan, Konseling, dan Psikoterapi Inovatif. Peer Review Buku.

Rachman, R. F. (2019). Implementasi Kebijakan Pusat Konseling Anak Dan Remaja Di Surabaya. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(2), 77–91.

Rafikayati, A., Badian, L. I., & Boy, S. (2018). The Role of Counseling Guidance Teacher for Helping Self Adjustment of Special Needs Children in Inclusion School. 2nd INDOEDUC4ALL-Indonesian Education for All (INDOEDUC 2018). Atlantis Press.

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Sambira. (2020). Ruang Lingkup Bimbingan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 138–147. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2848