Pembelajaran Keterampilan Menjahit Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan

DOI:
https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2852
Keywords:
Tunagrahita, Keterampilan, MenjahitAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelakasanaan pembelajaran keterampilan menjahit bagi siswa tunagrahita ringan di SMALB YPLB Banjarmasin yang meliputi 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Proses Pembelajaran, 3) Evaluasi Pembelajaran, 4) Faktor Penghambat dan Upaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menjahit di SMALB YPLB Banjarmasin belum efektif dan sesuai dengan prosedur; 1) Tidak adanya perangkat perencanaan pembelajaran keterampilan menjahit seperti instrumen asesmen, silabus dan RPP. 2) Guru memberikan motivasi atau pun penguatan kepada siswa, guru menerapkan strategi serta metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan menggunakan fasilitas penunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan baik. 3) Guru tidak menggunakan alat penilaian dalam melakukan evaluasi pembelajaran keterampilan menjahit.4) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit dalam mengembangkan kemandirian siswa tunagrahita ringan yaitu ruang keterampilan menjahit yang kurang mendukung, siswa jarang turun ke sekolah, guru tidak berlatar belakang keterampilan menjahit, siswa mudah bosan dan moodian. Adapun upaya yang dalam mengambangkan kemandirian siswa tunagrahita yaitu guru harus memahami karakteristik siswa, guru memotivasi siswa, guru mengkondisikan proses pembelajaran keterampilan, dan mendatangkan penjahit profesional.
Downloads
References
Atmaja, Jati Rinakri.2018.Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung:Pt Remaja Rosdakarya
Fauziah, R. (2020). Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SLB C1 Putera Asih Kediri. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 68-73.
Hastuti, S. D., & Ilyas, I. (2017). Strategi pembelajaran pelatihan menjahit sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di sekolah luar biasa (SLB) dharma anak bangsa klaten. Journal of Nonformal Education, 3(1), 72-79.
Koswara, Deded.2013.Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik.Jakarta Timur:PT Luxima Metro Media
Kustawan, Dedy.2013.Penilaian Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur:Luxima
Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul'ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227.
M. R. Siahaan, Ervina & Willhelmina Sinaga.2016.Gambaran Kemandirian Pada Remaja Tunagrahita Ringan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan-Sumatera Utara. Modul Proceeding Seminar Nasional Psikologi Positif 2016 Strengthening Humanity By Promoting Wellness.Diakses Pada Tanggal 3 November 2019 Pukul 06.33 WITA
Moleong, J Lexy.2018.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Pratiwi, Ratih Putri.2014.Mengenalkan Agama Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Luxima
Soegiyanto, Arif Rohman Hakim dan Soekardi.2013.Journal of Physical Education and Sports.Pengatuh Usia Dan Latihan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa.Vol 2 No.1, Diakses pada tanggal 2 November 2019 Pukul 15.53 WITA
Qolbi, A. R. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Di Smplb Putera Asih Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.