Pembelajaran Keterampilan Menjahit Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan

 Abstract views: 866

Authors

  • Imam Yuwono Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat
  • Mirnawati Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat
  • Dewi Ekasari Kusumastuti Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat
  • Nurbayti Rahmah Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2852

Keywords:

Tunagrahita, Keterampilan, Menjahit

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelakasanaan  pembelajaran keterampilan menjahit bagi siswa tunagrahita ringan di SMALB YPLB Banjarmasin yang meliputi 1) Perencanaan Pembelajaran, 2) Proses Pembelajaran, 3) Evaluasi Pembelajaran, 4) Faktor Penghambat dan Upaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil peneitian menunjukkan bahwa pembelajaran keterampilan menjahit di SMALB YPLB Banjarmasin belum efektif dan sesuai dengan prosedur; 1) Tidak adanya perangkat perencanaan pembelajaran keterampilan menjahit seperti instrumen asesmen, silabus dan RPP. 2) Guru memberikan motivasi atau pun penguatan kepada siswa, guru menerapkan strategi serta metode pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan menggunakan fasilitas penunjang keberhasilan proses pembelajaran dengan baik. 3) Guru tidak menggunakan alat penilaian dalam melakukan evaluasi pembelajaran keterampilan menjahit.4) faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran keterampilan menjahit dalam mengembangkan kemandirian siswa tunagrahita ringan yaitu ruang keterampilan menjahit yang kurang mendukung, siswa jarang turun ke sekolah, guru tidak berlatar belakang keterampilan menjahit, siswa mudah bosan dan moodian. Adapun upaya yang dalam mengambangkan kemandirian siswa tunagrahita yaitu guru harus memahami karakteristik siswa, guru memotivasi siswa, guru mengkondisikan proses pembelajaran keterampilan, dan mendatangkan penjahit profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Imam Yuwono, Pendidikan Khusus - Universitas Lambung Mangkurat

Dosen

References

Atmaja, Jati Rinakri.2018.Pendidikan Dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus.Bandung:Pt Remaja Rosdakarya

Fauziah, R. (2020). Pengaruh Media Papan Berpaku Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar Pada Siswa Tunagrahita Kelas II di SLB C1 Putera Asih Kediri. SPECIAL: Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 68-73.

Hastuti, S. D., & Ilyas, I. (2017). Strategi pembelajaran pelatihan menjahit sebagai upaya meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di sekolah luar biasa (SLB) dharma anak bangsa klaten. Journal of Nonformal Education, 3(1), 72-79.

Koswara, Deded.2013.Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Berkesulitan Belajar Spesifik.Jakarta Timur:PT Luxima Metro Media

Kustawan, Dedy.2013.Penilaian Pembelajaran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta Timur:Luxima

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul'ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227.

M. R. Siahaan, Ervina & Willhelmina Sinaga.2016.Gambaran Kemandirian Pada Remaja Tunagrahita Ringan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Medan-Sumatera Utara. Modul Proceeding Seminar Nasional Psikologi Positif 2016 Strengthening Humanity By Promoting Wellness.Diakses Pada Tanggal 3 November 2019 Pukul 06.33 WITA

Moleong, J Lexy.2018.Metodologi Penelitian Kualitatif.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Pratiwi, Ratih Putri.2014.Mengenalkan Agama Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Luxima

Soegiyanto, Arif Rohman Hakim dan Soekardi.2013.Journal of Physical Education and Sports.Pengatuh Usia Dan Latihan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa.Vol 2 No.1, Diakses pada tanggal 2 November 2019 Pukul 15.53 WITA

Qolbi, A. R. (2018). Implementasi Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Di Smplb Putera Asih Kediri (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Yuwono, I., Mirnawati, Kusumastuti, D. E. ., & Rahmah, N. (2020). Pembelajaran Keterampilan Menjahit Dalam Mengembangkan Kemandirian Siswa Tunagrahita Ringan. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 1(2), 154–161. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no2.a2852