Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Operasi Hitung Campuran Dengan Menggunakan Media Stik Es Krim Pada Siswa Kelas III C1 Di Slb-C “YPLB” Blitar

 Abstract views: 105

Authors

  • Elies Saadah SLB YPLB Blitar

DOI:

https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5270

Keywords:

Operasi Hitung Campur, Stik Es Krim, Media

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa penggunaan dan penerapan media stik es krim dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan operasional hitung campuran sampai 10 pada siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian sebanyak 7 siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar pada Semester II. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik tes dan non tes. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dan penerapan media stik es krim dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan operasional hitung campuran sampai 10 pada siswa kelas III C1 di SLB-C “YPLB” Blitar. Bukti dari peningkatan kemampuan siswa tersebut dapat dilihat pada peningkatan nilai rata-rata siswa dalam belajar yaitu pada siklus I diperoleh rata-rata 56,28 dan pada siklus II diperoleh rata-rata 67,00 yang berarti ada peningkatan kemampuan siswa dalam belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto.S., 1990. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta-Jakarta

Arikunto.S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta-Jakarta

Badiah, L. I., Jauhari, M. N., & Sambira, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Guru Paud Dalam

Menyusun Program Pembelajaran Individual Anak Berkebutuhan Khusus Di PAUD

Permata Bunda. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 95-100.

Djamarah & Aswan. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta

Hendro D & Jenny K. 1994. Pendidikan IPA II. Depdikbud. Dikjen Dikti

Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kusumah, Wijaya. Dwitagama, Dedi. 2010. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks Jauhari, M. N. (2016). Identifikasi Perkembangan Komunikasi Anak Pervasive Developmental

Disorder. Helper: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 32(2).

Miles, M.B dan Hubermann, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press Moh. Amin. 1995. Ortopedagogik Anak Tuna Grahita. Bandung: Jemars

Mulyani S & Johar P. 2001. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Maulana

Sadiman,Ariefdkk. 2006.MediaPendidikan.Jakarta:GrafindoPersada

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2007. Metode Penlitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

W. Gulo. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : Grasindo

Yamin, Martinus. 2008. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta : Gaung Persada Press

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Elies Saadah. (2022). Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Melakukan Operasi Hitung Campuran Dengan Menggunakan Media Stik Es Krim Pada Siswa Kelas III C1 Di Slb-C “YPLB” Blitar. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 3(1), 14–20. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5270