Pengembangan Media Ajar Visual “Sambung Pipa” Terhadap Siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1
DOI:
https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5895Keywords:
Media, Media Pipa, AutisAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan media ajar visual “Sambung Pipa” terhadap siswa Autism Spectrum Disorder (ASD) pada pembelajaran tematik kelas 1 dengan menggunakan desain penelitian Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah kemudian disederhankan menjadi 7 langkah yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) pengujian terbatas, (5) revisi hasil uji produk, (6) uji produk utama, (revisi produk akhir). Penelitian ini dilakukan pada seorang siswa autis kelas 1 yang mengalami hambatan komunikasi, perilaku dan interaksi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan respon guru serta kepala sekolah. Hasil uji validasi ahli materi mendapatkan skor 97 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Hasil uji validasi ahli media mendapatkan skor 93 berada pada rentang skor X>83,94 dengan kategori “sangat baik”. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah narasumber mengutarakan bahwa media ajar visual “Sambung Pipa” ini mampu mengakomodir kebutuhan siswa autis dalam proses pembelajaran karena materi yang mudah diterima dan tampilan yang mampu menarik perhatian siswa. Sehingga dapat disimpulkan, media ajar visual “Sambung Pipa” sebagai penunjang pembelajaran siswa autis valid dan efektif digunakan sebagai alat bantu yang mempermudah siswa memahami materi pada buku tematik.
Downloads
References
Agustia, R. D. (2019). Implementation of Web Assembly Technology as Visual Learning Media to help High School Students in Human Body System Learning. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 2 (1), 662. doi: 10.1088/1757-899X/662/2/022124
Amiruddin, S. (2014). Pengalaman Ibu yang memiliki anak autis di taman pelatihan Makassar: Skripsi.
Atiaturrahmaniah, d. (2013). Penelitian Pendidikan. Selong : PADA NW.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran Edisi ke-16. Jakarta: Rajawali Pers.
Bower, M. (2019). Technology-mediated learning theory. British Journal of Educational Technology, 3, 1035-1048. doi: 10.1111/bjet.12771
Cecep, K. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: KENCANA.
Diansari, A. A. (2017). The Effect of Problem-Based Learning Model, Learning Audio Visual Media and Internship on Student’s Soft Skill. International. Journal of Academic Research in Business and Social Sciences,. Journal Of Academic Research In Business and Social Science, 90, 333-341. doi: 10.6007/ijarbss/v7-i9/3329
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran. Cetakan ke-3. Bandung: PT Sarana.
Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Pendidikan Dasar
Hasan Muhammad, M. D. (2021). Media Pemebalajaran. Klaten: CV: Tahta Media Group.
Irvan, M., Damayanto, A., Jauhari, M. N., & Aqilah, T. S. (2021, September). The Effectiveness Factors of Online Learning Through Learning Management System for Students with Disabilities. In 2021 7th International Conference on Education and Technology (ICET) (pp. 107-110). IEEE.
Irvan, M., & Jauhari, M. N. (2019). Early Intervention For Children With Autism Spectrum Disorder Using Planning Matrix. In The 9th International Conference on Educational Technology of Adi Buana (ICETA 9).
Jauhari, M. N., Wasesa, A. J. A., Rosmi, Y. F., & Irvan, M. (2022, January). Hydraulic Exoskeleton Design for Cerebral Palsy. In 2022 2nd International Conference on Information Technology and Education (ICIT&E) (pp. 12-15). IEEE.
Lestari, N. M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha. 8, 2. doi: 10.23887/jjpbs.v8i1.20535.
McDougall, J. R. (2018). Learning, Media and Technology, The Uses Of (Digital) Literacy, 43, 263–279. doi: 10.1080/17439884.2018.1462206
Majid, A. (2014). Pembelajaran Teatik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mahardini, D. (2016). Kemampaun Komunikasi dalam Berinteraksi Sosial anak Autis di Sekolah Dasar Negeri Bangunrejo 2. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Yogyakarta.
Permendiknas 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif.
Pergub No 2 Tahun 2016 tentang penyelenggaraan Pendidikan Inklusif.
Ramadhan, R. M. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Tiga Dimensi (Sketch Up) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pelajaran Macam-Macam Pekerjaan Konstruksi Kayu. Jurnal PenSil, Volume 7 No 1, 10. doi: 10.21009/pensil.7.1.4
Risnawati, A. Z. (2018). The development of learning media based on visual, auditory, and kinesthetic (VAK) approach to facilitate students’ mathematical understanding ability. Journal of Physics: Conference Series, 0-8, Hal 1028. (Widodo, 2018) doi:10.1088/1742-6596/1028/1/012129.
Rosidah, A. (2016). Penerapan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 2, 2. doi: 10.31949/jcp.v2i2.499.
Rusman. (2015). Model-model Pembelajaran . Jakarta: PT Raja Grafinda Persada.
Selamet, I. K. (2020). Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I. Jurnal Paedagogy, 7, 121-125. doi: 10.33394/jp.v7i2.2505
Sugiyono. (2018). Sugiyono. (2018). Meto Metode Penilitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Suprajitno, R. A. (2017). Bina Aktivitas Anak Autis Di Rumah. . Malang: Media Nusa Creative.
Tambunan, J. d. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Visual Basic Dan Smoothboard Pada Matematika. Jurnal: Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1, Hal 98–109. doi: 10.4324/9781315853178
Widodo, S. A. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. Journal of Physics: Conference Series, 0-7, Hal 948. doi: 10.1088/1742-6596/948/1/012004
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Annifa Salja, Muhammad Husni, Abdul Aziz

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.