Pengaruh Metode Bermain Plastisin dalam Meningkatkan kemampuan kognitif Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Negeri Cerme Gresik
DOI:
https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5910Keywords:
Metode Bermain Plastisin, Kemampuan Kognitif, TunagrahitaAbstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bermain plastisin dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa tunagrahita sedang kelas VII di SLB Cerme Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian tingkat kemampuan anak dalam meningkatkan kreativitasnya mengalami peningkatan. Dari kondisi awal jumlah anak yang belum berkembang berjumlah 3 anak atau 75 % dan mulai berkembang berjumlah 3 anak atau 5% meningkat pada siklus I menjadi 75% atau anak mulai berkembang menjadi 75% dan berkembangsesuai harapan 25%. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 50% berkembang sesuai harapan dan 25% berkembang sangat baik.
Downloads
References
Andriani, Durri. 2013. Metode Penelitian. Tangerang: Universitas Terbuka
Faizah, D U. 2008. Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi. Jakarta: Cindy Grafika
Ismayani, Ani. 2010. Fun Math With Children. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sunarya, P. B. (2020, December). Vocational Education Services in Schools for Children with Special Needs. In 1st International Conference On Information Technology And Education (ICITE 2020) (pp. 665-668). Atlantis Press.
Joyce. 2009. Yuk Otak Atik dengan Clay. Yogyakarta: Andi Offset.
Moh Amin. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Bandung, Depdikbud
Mulyono Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta
Munzayanah. 2000. Anak Tunagrahita. Surakarta : UNS Press
Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas
Parwoto, 2007. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarata: Depdiknas
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nilna Uffi Al ‘azmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.