Pengaruh Metode Bermain Plastisin dalam Meningkatkan kemampuan kognitif Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Negeri Cerme Gresik

 Abstract views: 43

Authors

  • Nilna Uffi Al ‘azmi SLB Negeri Gedangan

DOI:

https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5910

Keywords:

Metode Bermain Plastisin, Kemampuan Kognitif, Tunagrahita

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode bermain plastisin dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa tunagrahita sedang kelas VII di SLB Cerme Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian tingkat kemampuan anak dalam meningkatkan kreativitasnya mengalami peningkatan. Dari kondisi awal jumlah anak yang belum berkembang berjumlah 3 anak atau 75 % dan mulai berkembang  berjumlah 3 anak atau 5% meningkat pada siklus I menjadi 75% atau  anak mulai berkembang menjadi 75% dan berkembangsesuai harapan 25%. Dan pada siklus II meningkat lebih baik lagi menjadi 50% berkembang sesuai harapan dan 25% berkembang sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andriani, Durri. 2013. Metode Penelitian. Tangerang: Universitas Terbuka

Faizah, D U. 2008. Keindahan Belajar dalam Perspektif Pedagogi. Jakarta: Cindy Grafika

Ismayani, Ani. 2010. Fun Math With Children. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jauhari, M. N., Irvan, M., & Sunarya, P. B. (2020, December). Vocational Education Services in Schools for Children with Special Needs. In 1st International Conference On Information Technology And Education (ICITE 2020) (pp. 665-668). Atlantis Press.

Joyce. 2009. Yuk Otak Atik dengan Clay. Yogyakarta: Andi Offset.

Moh Amin. 1995. Ortopedagogik Anak Tunagrahita, Bandung, Depdikbud

Mulyono Abdurrahman. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta

Munzayanah. 2000. Anak Tunagrahita. Surakarta : UNS Press

Musfiqon. 2011. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas

Parwoto, 2007. Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarata: Depdiknas

Downloads

Published

2022-07-08

How to Cite

Nilna Uffi Al ‘azmi. (2022). Pengaruh Metode Bermain Plastisin dalam Meningkatkan kemampuan kognitif Siswa Tunagrahita Sedang Kelas VIII di SLB Negeri Cerme Gresik. Special and Inclusive Education Journal (SPECIAL), 3(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no1.a5910