KORELASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN KECERDASAN LINGUISTIK SISWA KELAS TINGGI

 Abstract views: 418

Authors

  • Cecep Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2526

Keywords:

Kebugaran jasmani, Kecerdasan linguistik

Abstract

Kebugaran jasmani merupakan suatu kemampuan seseorang untuk melaksanakan aktivitas sehari-hari tanpa mengarami kelelahan yang berarti, Sekolah SD Negeri 2 Cimanggu merupakan salah satu sekolah Negeri yang belum mempunyai gambaran umum tingkat kebugaran jasmani dan juga tingkat kecerdasan linguistik khususnya pada kelas tinggi. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkorelasikan tingkat kebugaran jasmani dengan kecerdasan linguistik dan apabila terdapat korelasi positif dan signifikan akan menjadi perhatian setiap guru supaya berperan dalam menjaga tingkat kebugaran jasmani siswanya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional yaitu mencari hubungan antar dua variabel atau lebih. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Cimanggu Kecamatan Puspahiang Kabupaten Tasikmalaya pada siswa kelas tinggi saja dengan berjumlah 61 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis  data kuantitatif dan untuk Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil dari penelitian korelasi tingkat kebugaran jasmani dengan kecerdasan linguistik siswa kelast tinggi SD Negeri 2 Cimanggu dengan jumlah sampel (n)=61 dengan taraf signifikansi 5%. Nilai koefisien bernilai sebesar 0,773. Koefisien ini bernilai searah menunjukan hubungan yang searah, artinya apabila tingkat kebugaran jasmani baik maka tingkat kecerdasan linguistik siswa juga baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Blaydes, Jean. 2001 Case for Daily Quality Physical Education. Data From the Early Childhood Longitudinal Study. Am J Publict Health, Vol. 82, No. 4.

Carisson dkk 2008. Physical Education and Academic Achievement in Elementary School: Data From the Early Childhood Longitudinal Study. Am J Publict Health, Vol. 98, No. 4.

Emzir, 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Perseda

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk: Teori dalam Praktek. (Alih Bahasa: Drs Alexander Sindoro). Batam Center: Penerbit Interaksara

Nur, Lutfi 2016. Pendidikan Jasmani dan Olahraha. Bandung: Rizqi Press

Podulka dkk 2006. Effect of Physical Education and Activity Levels on Academic Achievement in Childern. Med. Sci. Sport Exerc., Vol. 38, pp. 1515-1519.

Rahmawati, Karina. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecerdasan Linguistik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 3, Tahun ke 5 2016.

Sukardi, 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara

Tarigan, Beltasar. 2012. Optimalisasi Pendidikan Jasmani dan Olahraga Berlandaskan Ilmu Faal Olahraga. Bandung: FPOK UPI

Umaroh. 2013. Upaya Meningkatkan Kecerdasan Bahasa Melalui Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelompok B di RA Muslimat NU Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Indonesian Journal of EarlyChildhood Education Studies. (1) 2013

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Cecep, Rahmat Permana, & Meiliana Nurfitriani. (2020). KORELASI TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN KECERDASAN LINGUISTIK SISWA KELAS TINGGI. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 1(2), 71–77. https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2526