DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHAPAD PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH LUAR BIASA
Abstract views: 8929DOI:
https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i1.2594Keywords:
Penjas Adaptif, Anak Berkebutuhan Khusus, Covid-19Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dampak pandemi covid-19 terhadap pelaksanaan pembelajaran penjas adaptif di sekolah luar biasa. Penelitian menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data berupa ungkapan seseorang yang mengarah pada suatu keadaan tertentu. Hasil dari penelitian bahwa guru pendidikan jasmani adaptif dalam melaksanakan pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus mengalami hambatan pada pelaksanaan praktik program pendidikan jasmani adaptif, dan arana prasarana yang kurang memadai
Downloads
References
Ardan, M., Rahman, F. F., & Geroda, G. B. (2020). THE INFLUENCE OF PHYSICAL DISTANCE TO STUDENT ANXIETY ON COVID-19, INDONESIA. Journal of Critical Reviews, 7(17), 1126–1132.
Covid-19, G. T. (2020). Protokol Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 (Corona Virus Disease 2019). 19, 31.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Mahfud, C., Sudjatma, A., Indrawan, M., … Djalante, S. (2020). Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 100091.
Fefrian, Y., Mardhika, R., Santika, R. H., & Sumardi, S. (2020). Penjas Adaptif Bagi Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Siswa Budhi Surabaya. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(2), 101–106.
Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7.
Jauhari, M. N. (2017). Pengetahuan Mahasiswa PG-Paud UNIPA Surabaya Tentang Anak Berkebutuhan Khusus. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 13(24), 165–177.
Kesumawati, S. A., & Damanik, S. A. (2019). MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN. JURNAL ILMU KEOLAHRAGAAN, 18(2), 146–153.
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN WEBINAR ZOOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMIK COVID 19. JIPMat, 5(1).
Muhtar, T., & Lengkana, A. S. (2019). Pendidikan jasmani dan olahraga adaptif. UPI Sumedang Press.
Pramartha, I. N. B. (2015). Sejarah Dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian a Negeri Denpasar Bali. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3(2), 67–74.
Pujilestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ’ADALAH, 4(1).
Putri, W. U., Marzuki, M., & Purnomo, E. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Murid Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa C. Tanjungpura University.
Raco, J. (2018). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.
Rahmawati, I. (2013). PENERAPAN PENDEKATAN FLOOR TIME UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJAS ADAPTIF PADA SISWA TUNALARAS: Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VA Di SLB E Prayuwana Yogyakarta. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rosmi, Y. F. (2016). Pendidikan Jasmani Dan Pengembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. WAHANA, 66(1), 55–61.
Taufan, J., Ardisal, A., Damri, D., & Arise, A. (2018). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 19–24.