PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE PENA (PENYAKIT MENULAR) KELAS V SEKOLAH DASAR

DOI:
https://doi.org/10.36456/j-stand.v1i2.2773
Keywords:
Pengembangan, Media Puzzle Pena, PJOKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan media puzzle pena (penyakit menular) untuk kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 3 Bacem. Sampel yang diamati adalah 19 siswa kelas V. Pengembangan menghasilkan media puzzle pena (penyakit menular) pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang valid dan praktis. Hasil penelitian ini diperoleh melalui hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan jumlah rata-rata keidealan yaitu 91,87% untuk hasil validasi media dan 95,31% untuk hasil validasi materi serta hasil tanggapan guru dan siswa terhadap media puzzle pena (penyakit menular) dengan rata-rata keidealan 92,5% untuk hasil tanggapan guru dan 95,5% untuk hasil tanggapan siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran puzzle pena (penyakit menular) untuk kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan termasuk dalam kategori “Sangat Baik” untuk digunakan dalam mata pelajaran PJOK kelas V Sekolah Dasar.
Downloads
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Husna, Nurul, ddk. (2017). Pengembangan Media Puzzle Materi Pencemaran lingkungan di SMP Negeri 4 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 05(01),66-71. http://jurnal.unsyiah.ac.id/jpsi. Diakses pada tanggal 21 November 2018 pukul 13.50.
Jannah, Aghisni Ika luluil, dkk. 2018. Asyiknya Bermain Kumpulan Permainan Anak Yang Mencerdaskan. Yogyakarta : Lontar Mediatama.
Sayoga. 2015. Pendidikan Kesehatan untuk Sekolah Dasar.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiarto, Giri. 2015. Inovasi Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani.Yogyakarta : Laksitas.