PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI VOLKRAW DAN PERMAINAN KELOMPOK PASSING TONG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SMP N 6 PETARUKAN

 Abstract views: 320

Authors

  • Islah Tri Kartiko Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i1.2862

Keywords:

Permainan Modfikasi volkraw, Permainan Kelompok passing tong, Bola voli

Abstract

Penelitian dilatar belakangi karena pembelajaran penjas bola voli saat melakukan pemanasan bersifat monoton halnya guru penjas saat mengajar, menjadikan sebuah pembelajaran kurang efektif. Rumusan penelitian ini bagaimanakah pengaruh permainan modifikasi volkraw dan permainan kelompok passing tong terhadap hasil belajar passing bawah bola voli di SMP N 6 Petarukan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan modifikasi volkraw dan permainan kelompok passing tong terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Desain penelitian True Eksperimental Design tipe randomized control group Pretest-Posttest. Instrumen tes teori Brumbach forearms wall-volley test. Populasinya kelas VIII di SMP N 6 Petarukan menggunakan random sampling 60 siswa di SMP N 6 Petarukan. Hasil Uji t permainan modifikasi volkraw pretest diperoleh 4,463 permainan modifikasi volkraw postest 4,490. Hasil Uji t permainan kelompok passing tong pretest 2,391 permainan kelompok passing tong postest diperoleh 2,326. Maka pada permainan modifikasi volkraw pretest 4,463 sedangkan permainan kelompok passing tong pretest 2,391 maka 4,463>2,391. Pada permainan modifikasi volkraw postest 4,490 sedangkan permainan kelompok passing tong postest 2,326 maka 4,490>2,326. Disimpulkan bahwa permainan modifikasi volkraw lebih baik dari permainan kelompok passing tong, dari nilai yang di peroleh Uji t nilai permainan modifikasi volkraw menggunakan metode pretest dan postest lebih tinggi nilai permainan modifikasi volkraw.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyanto, E. 2013.” Upaya Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Hang Style dengan Media Bola Gantung bagi Siswa Kelas VIII A SMP N 1 Randublatung Kabupaten Blora Tahun 2012/2013”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang. Diterbitkan 2013.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007.”panduan penilaian kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Jakarta: BNSP.

Cahyanto, A.G.I & Hidayat, T. 2015.”pengaruh modifikasi permainan terhadap hasil belajar passing atas bola voli (studi pada siswa kelas VII C SMP N 1 Tulangan Kabupaten Sidoarjo).” Jurnal Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 03 Nomor 03 Tahun 2015, 691 - 695.

Erianti. (2010). Buku ajar bola voli. Padang: Sukabina Offset.

Downloads

Published

2021-07-17

How to Cite

Islah Tri Kartiko. (2021). PENGARUH PERMAINAN MODIFIKASI VOLKRAW DAN PERMAINAN KELOMPOK PASSING TONG TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DI SMP N 6 PETARUKAN. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 2(1), 26–31. https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i1.2862