PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013

 Abstract views: 520

Authors

  • Fajar Rifai Universitas PGRI Semarang
  • Agus Wiyanto Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i1.3522

Keywords:

Hasil belajar, Passing bawah, TGFU

Abstract

Model pembelajaran yang belum sesuai dengan karakteristik siswa SMP kelas VII yang rata-rata transisi dari sekolah dasar ke sekolah menengah masih terbawa lingkup bermain dan adanya kompetisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan efektifitas pembelajaran dengan TGfU pada materi passing bawah bola voli siswa kelas VII SMP PGRI 7 Wanareja. Jenis penelitian ini kuantitatif menggunakan pre-experimental design. Sampel seluruh siswa kelas VII SMP PGRI 7 Wanareja yang berjumlah 29 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar bola voli melalui TGfU dilihat dari paired sampel T test sebesar 0,000. Karena signifikansi (2-tailed) 0,000< 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan postest. N-gain skor untuk kategori posttest adalah sebesar 56.1096 atau 56.10% termasuk kategori cukup efektif dengan nilai minimal 28.57% dan maksimal 72%. Artinya model pembelajaran teaching games for understanding cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar bola voli siswa kelas VII

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ade Evriansyah Lubis, M. A. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Ahmad, L. W. (2019). Pengaruh Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Hasil Belajar Chest Pass pada Permainan Bola Basket. Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 79.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3, No. 2, 135.

Astuti, A. T. (2020). Peningkatan Kompetensi Passing Bawah Bola Voli melalui Teaching Games for Understanding. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter, 2-3.

Chan, F. (2018). Meningkatkan Kemampuan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli melalui pendekatan TGFU pada Siswi Kelas VIII SMP N 11 Muaro Jambi. Physical Education, Health and Recreation.

Dasopang, A. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman , 334.

Harisandy, R. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pengendali Daya Tegangan Rendah SMK 1 Sedayu melalui Model Kooperatif Tipe GI (Group Investigation). Skripsi, 11.

Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Cooperative Learning. Magelang: Graha Medika.

Hermawan Budi Santoso, S. (2016). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar dengan Metode Problem Based

Learning (PBL) pada Pelajaran Tune Up Motor Bensin. Jurnal Taman Vokasi Vol. 5, No. 1, 40.

Imron. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang . Indonesian Journal on Software Engineering, Vol.5, No. 1, 21.

Isnani Sara Aprili, E. S. (2012). Pengembangan Alat Blok Permainan Bola Voli. 1.

Junaedi, A. (2015). Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri Se-Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Vol. 03 No. 03 , 836.

M.E. Winarno, A. T. (2013). TEKNIK DASAR BERMAIN BOLAVOLI. Malang: FIK Universitas Negeri Malang.

Miswar. (2017). Teori Pembelajaran CBSAK sebagai sebuah Teori Alternatif. Jurnal Basicedu Volume 1 Nomor 2 , 36.

Pindo Hutauruk, R. S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Alat Peraga pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba. School Education Journal, 123.

Pinton Setya Mustafa, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21 . Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 429.

Prasetyo, D. (2015). Efek Implementasi TGFU terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bola Voli. Skripsi, 4-10.

Putri, M. W. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Bermain Tonnis melalui Pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) . Jurnal Pembelajaran Olahraga, 218.

Rahman, M. F. (2015). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar di Sekolah terhadap Hasil Belajar Ekonomi melalui Motivasi Belajar. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis, 2.

Revandhani, F. R. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli . Skripsi.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Ramaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGfU) terhadap Hasil Belajar Permainan Bola Voli. Skripsi, 4-10.

Tri Bagus Agiasta Subekti, Y. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Permainan 3 on 3 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga , 162.

Downloads

Published

2021-07-17

How to Cite

Fajar Rifai, Agus Wiyanto, & Pandu Kresnapati. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING PADA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 2(1), 14–19. https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i1.3522