Analisis Kematangan Emosional Terhadap Hasil Belajar Penjas Kelas Xi Dimasa Pandemi Covid-19

 Abstract views: 188

Authors

  • Wahyu Joko Santiko Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i2.4519

Keywords:

Kematangan Emosional, Hasil Belajar, Covid 19

Abstract

Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kematangan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada kelas XI SMA N 2 Pati dimasa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek atau informan adalah siswa kelas XI SMA N 2 Pati, untuk proses pengumpulan data dilakukan dengan sistem wawancara, observasi serta ditunjang dengan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui  reduksi data, penyajian data serta penarika kesimpulan. Dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan emosioanal seorang siswa terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI SMA N 2 Pati dimasa pandemi saat ini. Hasil lain juga menunjukkan bahwasannya siswa yang mempunyai kematangan emosional tinggi, dimana saat melaksanakan penilaian, baik penilaian Afektif, Kognitif dan Psikomotor semuanya memperoleh nilai diatas rata-rata

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

La Kahija, Y.F. (2017). Penelitian Fenomenologis. Yogyakarta: Kanisius.

Pratama, N.Y dan Maftukin Hudah. (2020). “Pendekatan Permainan Outbound Sirkuit Game Dalam Meningkatkan Kematangan Emosional Dan Spitual Melalui Pembelajaran Penjas Pada Siswa SMP N 1Sumowono”. Journal Of Sport Coaching and Physical Education. 5 (1) 8-13.

Agustina, Inayah. (2020). Strategi Pengembangan Rainbow Rafting Untuk Meningkatkan Potensi Sport Tourism Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Naimah, D.M. (2015). Pengertian, Kematangan, Emosi, Ciri-Ciri-Cara, Mencapai Faktor, Yang, Mempengaruhi, Aspek. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/773/6/10410186%20Bab%202.pdf. Diakses 15 Desember 2020.

Downloads

Published

2022-01-30

How to Cite

Wahyu Joko Santiko. (2022). Analisis Kematangan Emosional Terhadap Hasil Belajar Penjas Kelas Xi Dimasa Pandemi Covid-19. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 2(2), 110–113. https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i2.4519