Analisis Kematangan Emosional Terhadap Hasil Belajar Penjas Kelas Xi Dimasa Pandemi Covid-19
Abstract views: 188DOI:
https://doi.org/10.36456/j-stand.v2i2.4519Keywords:
Kematangan Emosional, Hasil Belajar, Covid 19Abstract
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kematangan emosional berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan jasmani pada kelas XI SMA N 2 Pati dimasa pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek atau informan adalah siswa kelas XI SMA N 2 Pati, untuk proses pengumpulan data dilakukan dengan sistem wawancara, observasi serta ditunjang dengan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data serta penarika kesimpulan. Dimana hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan emosioanal seorang siswa terbukti berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI SMA N 2 Pati dimasa pandemi saat ini. Hasil lain juga menunjukkan bahwasannya siswa yang mempunyai kematangan emosional tinggi, dimana saat melaksanakan penilaian, baik penilaian Afektif, Kognitif dan Psikomotor semuanya memperoleh nilai diatas rata-rata
Downloads
References
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
La Kahija, Y.F. (2017). Penelitian Fenomenologis. Yogyakarta: Kanisius.
Pratama, N.Y dan Maftukin Hudah. (2020). “Pendekatan Permainan Outbound Sirkuit Game Dalam Meningkatkan Kematangan Emosional Dan Spitual Melalui Pembelajaran Penjas Pada Siswa SMP N 1Sumowono”. Journal Of Sport Coaching and Physical Education. 5 (1) 8-13.
Agustina, Inayah. (2020). Strategi Pengembangan Rainbow Rafting Untuk Meningkatkan Potensi Sport Tourism Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Skripsi. Semarang: Universitas PGRI Semarang.
Naimah, D.M. (2015). Pengertian, Kematangan, Emosi, Ciri-Ciri-Cara, Mencapai Faktor, Yang, Mempengaruhi, Aspek. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/773/6/10410186%20Bab%202.pdf. Diakses 15 Desember 2020.