MINAT SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BASKET DI KABUPATEN GROBOGAN

 Abstract views: 48

Authors

  • Litta Mahesti Universitas PGRI Semarang
  • Pandu Kresnapati Universitas PGRI Semarang
  • Maftukin Hudah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i1.5128

Keywords:

Minat, Olahraga, Bola basket

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh olahraga bola basket yang merupakan salah satu kegiatan dalam pembelajaran olahraga. Pada setiap kegiatan pembelajaran bola basket siswa hadir semua, namun dalam pelaksanaannya siswa kurang antusias dalam merespons pembelajaran tersebut. Terlaksananya penelitian guna mencari tahu minat siswa SMA sederajat di Kabupaten Grobogan dalam mengikuti pembelajaran olahraga bola basket. Didalam penelitian dipilihlah metode penelitian kuantitatif. Pengambilan data dilaksanakan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Populasinya yaitu seluruh siswa SMA sederajat  di Kabupaten Grobogan. Sementara sampelnya diambil 72 siswa SMA sekolah khusus olahraga kabupaten Grobogan. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dalam penelitian diperoleh jika dari 72 siswa yang menjadi responden paling banyak memiliki minat sedang terhadap pembelajaran bola basket, yaitu terdapat 40,28 persen siswa. Siswa yang memiliki minat rendah dan sangat rendah terdapat sebanyak 29,16 persen. Sedangkan siswa yang memiliki minat terhadap pembelajaran bola basket tinggi dan sanggat tinggi ada sebanyak 30,55 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahya, S.M (2020) “Survei Minat dan Motivasi Klub Bola Basket Fast Kecamatan Kaliwungu Terhadap Kegiatan Olahraga Bola Basket Pada Masa Pandemi COVID 19”. Skripsi. Universitas PGRI Semarang.

Junaedi A & Wisnu H (2015). "Survei Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMA, SMK, dan MA Negeri se-Kabupaten Gresik". Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 834-842

Kasbullah, (2019). "Survei Minat Belajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Kaitannya dengan Sarana dan Prasarana Olahraga SMA Negeri 4 Jenepoto". Skripsi. Makasar : Universitas Makasar. Tidak di terbitkan

Mertayasa, K. dkk. (2016). "Metode Latihan plyometrics dan Kelentukan untuk Meningkatkan Power Otot Tungkai dan Hasil Lay Up Shoot Bola Basket". Jurnal of Physical Edication and Sport.

Prasetyo, A. (2010). "Pendidikan Latihan Lay Up Operan Teman dengan Bounce Pass dan Overhead Pass Terhadap Kemampuan Lay Up Shot dari Sisi Kanan Pada Siswa Putra Ekstrakurikuler Bola Basket SMP Negeri 3 Batang 2010/2011. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Tidak diterbitkan.

Irsyada, R. (2011). “Survei Minat Siswa SMA Terhadap Kegiatan Ekstrakulikuler Bola Basket SMP Negeri Se-Kecamatan Batang Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Litta Mahesti, Pandu Kresnapati, & Maftukin Hudah. (2022). MINAT SISWA SMA SEDERAJAT TERHADAP PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BASKET DI KABUPATEN GROBOGAN. STAND : Journal Sports Teaching and Development, 3(1), 8–13. https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i1.5128