PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BOLA BASKET KELAS XI SMA N 1 PEGANDON

DOI:
https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i1.5263
Keywords:
Reward,Ice Breaking dan MotivasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi belajar bola basket kelas XI SMA N 1 Pegandon. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian pre exsperimen dengan model one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 1 Pegandon dengan jumlah siswa 284 dan responden 156. Sampel yang diambil sebanyak 24 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian diolah menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukan bahwa pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi siswa kelas XI SMA N 1 Pegandon. Data penelitian ini menggunakan angket pemberian reward, pemberian ice breaking dan motivasi untuk melihat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran bola basket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik uji normalitas, uji homogenitas, uji paired sampel-test. Hasil penelitian yang diperoleh dari data ini ialah nilai rata-rata motivasi belajar (pretest) 44,75. Dan untuk nilai rata-rata motivasi belajar (posttest) 46,96. Maka mengalami peningkatan motivasi belajar 4,9%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan,pemberian reward dan ice breaking terhadap motivasi belajar bola basket kelas XI SMA N 1 Pegandon.
Downloads
References
Abdillah, R. H. (2020). Efektifitas BION (Bintang Online) Dalam Meningatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid 19 di Kelas V SDN 1 Ngembel. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 184–198. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14674.
Arikunto, S.(2010). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. 2017. Irwansyah. (2016). PJOK Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Untuk SMA/MA/SMK Kelas XI.
Jayul, A., (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.
Kustria. K. S. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Sma/Smk Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3), 173. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646.
Muhajir. (2013). Penjasorkes 1 Kelas SMP kelas VII.
Mulyanto. (2019). Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 12–16.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Diana Milati Ibrahim, Fajar Ari Widyatmoko

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.