MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI SELAMA PANDEMI COVID-19

 Abstract views: 79

Authors

  • Arnaz Anggoro Saputro STKIP PGRI Jombang
  • Ilmul Ma’arif STKIP PGRI Jombang
  • Guntum Budi Prasetyo STKIP PGRI Jombang

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i1.5388

Keywords:

Motivasi, Siswa, Pendidikan Jasmani

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran daring pendidikan jasmani selama Covid-19 di SMA Negeri Ploso. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instrumen pernyataan berupa angket dengan teknik analisis data statistik deskriptif dengan persentase. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Ploso tahun pelajaran 2021/2022 pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. beserta responden yang berjumlah 76 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan informasi yang diberikan sehingga nilai minimum = 63, nilai maksimum = 98, nilai rata-rata = 72, standar deviasi = 6 dan disimpulkan bahwa tingkat motivasi siswa terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani dari rumah berada pada kategori “Sangat Tinggi” 5 responden dengan prosentase 6%, kategori “Tinggi” 12 responden dengan prosentase 15%, kategori “Sedang” 34 responden dengan prosentase 44%, kategori “Rendah” 26 responden dengan persentase 33%, dan kategori “Sangat Rendah” 1 responden dengan persentase 1%. Dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani daring selama Covid-19 di SMA Negeri Ploso berada kategori cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardiansyah, B. (2009). Dampak Kecemasan Atlet Bola Basket Sebelum Bertanding. Jurnal Phederal Penjas, 8, 1. Retrieved from file:///C:/Users/RENDYMILAN/Downloads/6281-13375-1-SM.pdf

Fathoni, A. (2015). Pembelajaran Berbasis Karakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call For Papers, 6(2), 323–332. https://doi.org/10.30653/003.20206 2.118

Gustiawati, R. (2015). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Implementasi Evaluasi pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (1st ed.; Winarni, ed.). Bandung: Multi Kreasindo.

Hakam, K. & S. B. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran PJOK Daring. Jambura Health and Sport Journal, 3, 16–23.

Kartika, D. (2020). Faktor–Faktor Kecemasan Akademik Selama Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Kabupaten Sarolangun. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3544–3549.

Kelana, F. B. (2020). Survei Aspek Mental Siswi Di Kabupaten Program Studi. Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i 2.932

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prasetyaningtyas, S. (2021). Pelaksanaan Belajar dari Rumah (BDR) Secara Online Selama Darurat Covid-19 di SMP N 1 Semin. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 86–94.

Purnamasari, I., & Novian, G. (2021). Tingkat Kepercayaan Diri dan Kecemasan Atlet PPLP Jawa Barat selama Menjalani Training From Home (TFH) pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). 3(March). https://doi.org/10.24036/patriot.v

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v 4i4.460

Rahman, F. N. N. & M. D. (2019). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMP. Journal Literasi Olahraga, 4, 459–467.

Ramadhani, W. N., & Ulfah, S. (2021). Analisis Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Keikutsertaan Les Privat pada Pembelajaran Daring. 05(03), 2471–2483.

Rhama, S. M. T. & F. & N. (2021). Tingkat Kecemasan Atlet Futsal Siswa Ekstrakurikuler di SMK Tri Asyifa Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 119–125.

Riduwan. (2016). Dasar-Dasar Statistika (14th ed.; Iswarta Prana Dwijaya, ed.). Bandung: Alfabeta.

Rohmansyah, N. A. (2017). pengertian tentang teori Kecemasan. Jurnal Ilmiah PENJAS, 3(1), 44–60. Retrieved from http://202.91.10.29/index.php/JIP/a rticle/view/541/525

Saleh, M Sahib & Malita, S. S. (2020). Survei Minat Belajar Siswa dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMPN 30 Makassar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(1), 55–62.

Saufi, M. (2013). P – 12 mengelola kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika. (November), 978–979.

Syaiful, A. (2018). Pengaruh Tingkat Kesegaran Jasmani Minat Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Siswa SMP Negeri 3 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayer.

Tobergte, D. R., & Curtis, S. (2013). Kecemasan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO97811 07415324.004

Trisna, R. E. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani (2nd ed.). Bandung: Alfabeta.

Yanti, S., Erlamsyah, E., & Zikra, Z. (2013). Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211 242-0-00

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Arnaz Anggoro Saputro, Ilmul Ma’arif, & Guntum Budi Prasetyo. (2022). MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN JASMANI SELAMA PANDEMI COVID-19 . STAND : Journal Sports Teaching and Development, 3(1), 49–57. https://doi.org/10.36456/j-stand.v3i1.5388