PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH SOSIOLOGI OLAHRAGA

DOI:
https://doi.org/10.36456/j-stand.v5i1.9094
Keywords:
Inkuiri terbimbing, Hasil Belajar, Sosiologi OlahragaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar sosiologi olahraga pada materi kekerasan dalam olahraga. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan desain penelitian Pre-Experimental Design dengan bentuk One Group Prettest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiawa penjaskesrek yang menawar mata kuliah sosiologi olahraga tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 30 mahasiswa dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisa data yang dilakukan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan analisis regresi sederhana, karena hanya memiliki satu variabel independent dan satu variabel dependent. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sosiologi olahraga. Besar pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 14,6% sedangkan 85,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian
Downloads
References
Angraeni, T. A., & Koeswati, H. D. (2020). Perbandingan Problem Based Learning dan Problem Possing Sebagai Metode Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (2), 414-420
Aprianto, E., & Purwati, O. (2020). Multimedia-assisted learning in a flipped classroom: a case study of autonomous learning on EFL university students. International Journal of Emerging Technologies in Learning (Online), 15(24), 114. DOI:10.3991/ijet.v15i24.14017.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Cahyono, Budi. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah Dan Indikator Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan MIPA. 5 (1), 15-24.
David. (2009). Methodos For Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farcis, F. (2019). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Palangka Raya dalam Proses Analisis Artikel Ilmiah. Jurnal Jejaring Matematika Dan Sains, 1(1), 52–58. https://doi.org/10.36873/jjms.v1i1.137
Foster, G., & Stagl, S. (2018). How effective is the Inverted Classroom Model ( ICM ), a teaching tool most SC. Journal of Cleaner Production. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2018.02.177
Iman, R., Khaldun, I., & Nasrullah. (2017). Meningkatkan Kemampuan BerpikirKritis Siswa Dengan Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 5(1), 52–58.
Indrawati, M. (2016). Materi Pelatihan Widyaiswara Penyesuaian/Inpassing.
Kurniawan, R. M., & Aprodita, F. (2020). Analisis Keterampilan Berpikir kritis Mahasiswa pada Materi Kinematika. Jurnal Kependidikan Betara, 1(2), 63–73. https://e-journal.sdn195pinangmerah.com/index.php/jkb/article/view/23
Kurniawati, I., Raharjo, T. J., & Khumaedi. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi Tantangan Abad 21. Seminar Nasinal Pascasarjana,
(2), 702.
Maknun, L.,& Kamila, H. (2022). Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6 (1), 684 – 691
Maulidya, Anita. (2018). Berpikir dan Problem Solving. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 4 (4), 11-29.
Nasir, A. M. (2016). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Nuraini, N. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi sebagai Upaya Mempersiapkan Generasi Abad 21. Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 89–96. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/JNSI/article/view/8791
Oktariani, O., Febliza, A., & Fauziah, N. (2020). Keterampilan Berpikir Kritis Calon Guru Kimia sebagai Kesiapan Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 114. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.8791
Østerlie, O., Sargent, J., Killian, C., Garcia-Jaen, M., García-Martínez, S., & Ferriz-Valero, A. (2023). Flipped learning in physical education: A scoping review. European Physical Education Review, 29(1), 125-144. https://doi.org/10.1177/1356336X221120939
Rahardhian, Adhitya. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5 (2), 87-94.
Ratumanan, T. G. 2015. Belajar Dan Pembelajaran Serta Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Surabaya: Unesa Universitas Press.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rosdiana, Y., & Hastutiningtyas, W. R. (2022). PROBLEM SOLVING MAHASISWA PADA MASA COVID-19, Jurnal Ilmiah Keperawatan Altruistik, 5 (1), 11-15
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar.
Solissa, Jonas. (2022). Buku Ajar Sosiologi Olahraga, Malang: Literasi Nusantara.
Supriyatno, T., Lestari, D. A., & Utami, U. (2020). The Effectiveness of Guided Inquiry Learning Models for Students’ Scientific Performances and Critical Skills. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 13(1), 1–14. https://doi.org/10.18860/mad.v13i1.9342
Syafrial, S., Nopiyanto, Y. E., & Arwin, A. (2022). Application of Flipped Classroom and Teams Games Tournament Learning to Increase Motivation and Adaptive Physical Education Learning Outcomes. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 6(1), 41-50. https://doi.org/10.33369/jk.v6i1.19304.
Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wasahua, Sarfa. (2021). Konsep Pengembangan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Horizon Pendidikan, 16 (2), 72-82.
Yulianti, E.,& Gunawan, I. (2019). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL): Efeknya Terhadap Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 02 (3), 399-408.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jonas Solissa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.