MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)

 Abstract views: 67

Authors

  • Muhammad Nur Fauzi Angkotasan Universitas Patiimura Ambon
  • Wihelmina Unmehopa Universitas Patiimura Ambon
  • Mesak Hattu Universitas Patiimura Ambon

DOI:

https://doi.org/10.36456/j-stand.v5i1.9095

Keywords:

STAD, Hasil Belajar, Passing Kaki Bagian Dalam, Sepakbola

Abstract

Sepakbola merupakan salah satu materi pembelajaran permainan yang diajarkan pada setiap jenjang satuan pendidikan melalui pembelajaran PJOK. Siswa dituntut untuk memiliki kompetensi melalui pemahaman dan kemampuan mempraktikkan teknik dasar sepakbola melalui penerapan model pembelajaran yang diterapkan kepada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar teknik dasar passing sepakbola menggunakan kaki bagian dalam melalui model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) pada siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 16 Maluku Tengah. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan berlangsung dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS2 berjumlah 18 orang terdiri dari 11 orang putra dan putri 7 orang. Hasil belajar ditentukan berdasarkan rubrik penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siklus I siswa yang tuntas sebanyak 10 orang dan yang belum tuntas sebanyak 8 orang. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 18 orang. Presentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 60,08% dan presentase ketuntasan belajar pada siklus II sebesar 89,36%. Terjadi peningkatan hasil belajar passing sepakbola dengan kaki bagian dalam dari siklus I ke siklus II sebesar 29,28%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepakbola Pada Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 16 Maluku Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrianto, R. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Ngasem Kediri. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin - e-Journal UNESA, 12(3), 80–87.

Bahtra, R. (2022). Permainan Sepakbola (1st ed.). SUKABINA Press.

Damayanti, R. R., Sumantri, M. S., Dhieni, N., & Karnadi, K. (2021). Guru sebagai Agen of Change dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 960–976. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1602

Joyce, B., & Weil, M. (1980). Models of Teaching (2nd ed.). Prentice-Hall, Inc.

Kemendikbud RI. (2014). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (1st ed.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nasyiroh, S. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Berbantuan Media Virtual Tour Terhadap Keterampilan Berpikir Sejarah Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarik. AVATARA, e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(2).

Tenine, M., Ihsan, A., & Syahrudidin. (2023). Manajemen Olahraga (Studi Kasus Pembinaan Prestasi Sepakbola) (1st ed.). EUREKA AKSARA MEDIA.

Downloads

Published

2024-05-30

How to Cite

Muhammad Nur Fauzi Angkotasan, Wihelmina Unmehopa, & Mesak Hattu. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING SEPAKBOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD). STAND : Journal Sports Teaching and Development, 5(1), 23–29. https://doi.org/10.36456/j-stand.v5i1.9095