RANCANGAN PENGEMBANGAN PRODUK BONCENGAN SEPEDA MOTOR UNTUK ANAK DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI
Abstract views: 687DOI:
https://doi.org/10.36456/waktu.v14i2.132Keywords:
Rancangan Pengembangan, Produk, Boncengan Motor Untuk Anak, ErgonomiAbstract
Penelitian bertujuan untuk memperoleh prototype boncengan sepeda motor untuk anak usia 6-7 tahun dengan menggunakan pendekatan ergonomi yang lebih nyaman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan pengukuran antropometri. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji kenormalan data, uji kecukupan data, dan uji statistic paired sample t-test. Hasil penelitian dari uji kenormalan data dinyatakan normal, uji kecukupan data menunjukkan bahwa data tersebut dinyatakan cukup. Uji statistic paired sample t-test, nilai konfidensi interval: -1,22508 < sebelum – sesudah < -0,88159. Dengan menggunakan nilai t hit - 12,544, jika nilai ini diberi harga mutlak = 12,544 maka t tabel = 2,262. Karena t hit > t tabel maka disimpulkan H0 ditolak, artinya ada perbedaan tingkat kenyamanan dan keergonomisan secara statistik dari pengguna sebelum dan sesudah adanya pengembangan produk boncengan. Hal ini bisa dilihat dari signifikan 0,000 (<0,05). Dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 yang menyatakan tidak ada perbedaan rata-rata kenyamanan sebelum dan sesudah adanya pengembangan ditolak. Pengembangan produk boncengan dari penelitian sebelumnya memberikan dampak perbedaan antara rata-rata kenyamanan dan keergonomisan sebelum dan sesudah adanya pengembangan pada produk boncengan sepeda motor anak dengan peningkatan hingga 37% dari sebelum pengembangan.Downloads
References
Bhattacharyya, S. K., & Rahman, Z. (2004). Capturing the customer’s voice, the centerpiece of
strategy making: A case study in banking. European Business Review, 16(2), 128–138.
Clausing, D. 1994. Total quality development – A step by step guide to world-class concurrent
engineering. New York: ASME Press.
Grieves, M. (2005). Product lifecycle management. Driving the next generation of lean thinking.
McGraw-Hill.,
King, B. (1995). Designing products and services that customer wants. Productivity Press.
Otto, K., Wood, K., (2001), Product Design- Technical in Reverse Engineering And New Product
Development, London: Prentice Hall.
Santoso, G. (2004), Ergonomi Manusia, Peralatan dan Lingkungan. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Simamora, H. (2000), Manajemen Pemasaran International, Jilid Kedua. Salemba Empat.
Jakarta.
Trihendradi, C. (2005), SPSS 13 Analisis Data Statistik. Andi. Yogyakarta.
Wignjosoebroto, S. (2003), Ergonomi Studi Gerak dan Waktu : Teknik Analisis untuk
Peningkatan Produktivitas Kerja. PT. Guna Widya. Jakarta.