VEHICLE ROUTING UNTUK PICK UP PROBLEM DENGAN PENDEKATAN MOST VALUEABLE NEIGHBORHOOD DAN NEAREST NEIGHBOR PADA JASA PENGIRIMAN BARANG

DOI:
https://doi.org/10.36456/waktu.v14i2.138
Keywords:
Vehicle Routing Problem, Most Valueable Neighborhood, Nearest NeighborAbstract
Berkembangnya bisnis jasa pengiriman barang mendorong perusahaan-perusahaan jasa pengiriman barang seperti PT. X memperluas jaringan bisnisnya. Sistem agen yang diterapkan menyebabkan lokasi pick up barang menjadi lebih banyak. Oleh karena itu, optimalisasi penjadwalan rute kendaraan adalah hal yang penting untuk menurunkan kemungkinan barang yang tidak terangkut, menurunkan biaya operasional, dan meningkatkan keuntungan. Tujuan penelitian yaitu melakukan optimalisasi rute pada operator jasa pengiriman barang PT. X dengan mengggunakan pendekatan heuristik. Dua metode heuristik akan digunakan, yaitu metode most valueable neighborhood (MVN-VRP) dan metode nearest neighbor (NN-VRP). Kedua metode tersebut dibandingkan berdasarkan total nilai kargo yang dikumpulkan dan jarak tempuh kendaraan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk memaksimalkan nilai kargo yang diangkut atau meminimalkan opportunity value yang hilang metode MVN-VRP lebih baik digunakan dibanding dengan metode NN-VRP. Meskipun memiliki jarak tempuh yang lebih panjang, rute MVN-VRP lebih optimal dalam optimalisasi nilai kargo.Downloads
References
Bräysy O, Gendreau M. (2005). Vehicle Routing Problem With Time Windows, Part II: Metaheuristics.
Transportation Science; 39:119–39.
Byung-In Kim, Seongbae Kim, Surya Sahoo. (2006). Waste collection vehicle routing problem with time
windows.
Chabrier A. (2003). Vehicle Routing Problem With Elementary Shortest Path Based Column
Generation.Working Paper, ILOG, Madrid.
Cordeau J-F, Desaulniers G, Desrosiers J, Solomon MM, Soumis F. (2002). Vrp with time windows. In:
Toth P., Vigo D, editors. The Vehicle Routing Problem, SIAM monographs on discrete mathematics
and applications, vol. 9. Philadelphia: SIAM; p. 157–93 [chapter 7].
David Pisinger, Stefan Ropke. (2007). A General Heuristic For Vehicle Routing Problem.
Homberger J, Gehring H. (2005). A Two-Phase Hybrid Metaheuristic For The Vehicle Routing Problem
With Time Windows. European Journal of Operational Research 2005;162:220–38.
Irnich S, Villeneuve D. (2003). The Shortest Path Problem With Resource Constraints And K-Cycle
Elimination For K3. Technical Report G-2003-55, GERAD, Montreal, Canada; September 2003.
Kallehauge B, Larsen J, Madsen OBG. (2001). Lagrangean Duality Applied On Vehicle Routing With Time
Windows—Experimental Results. Technical Report IMM-REP-2000-8, Informatics and
Mathematical Modelling, Technical University of Denmark, DTU Richard Petersens Plads, Building
, DK-2800 Kgs. Lyngby.
Kyung Hwan K, Byung Ki L, Yoon Ho l. (2008). A Heuristics For The Vehicle Routing Problem With Due
Times.