PENERAPAN KONSTRUK TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) PADA LAYANAN MOBILE APPLICATION DI PDAM SURYA SEMBADA KOTA SURABAYA
Abstract views: 766DOI:
https://doi.org/10.36456/waktu.v16i1.1445Keywords:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Sikap Konsumen, Transaksi SesungguhnyaAbstract
Konstruk Technology Acceptance Model yang sering dikenal dengan TAM merupakan konsep yang dipakai untuk mengukur kehandalan sebuah aplikasi teknologi. Kebanyakan untuk mengetahui seberapa handal sebuah teknologi yang diluncurkan dengan persepsi yang dibuat oleh masyarakat. Pada penelitian ini yang hendak diukur dalam TAM adalah layanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya yang telah meluncurkan Mobile Application. Metode penelitian dengan Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian eksplanatori (explanatory research). Sampel yang dipilih adalah 76 orang pelanggan PDAM Surya Sembada Kota Surabaya di Wilayah Kelurahan Dukuh Menanggal Kecamatan Gayungan Kota Surabaya. Analisa data menggunakan Partial Least Square (PLS). Kesimpulannya adalah Ada Pengaruh persepsi kemudahan (perceived ease of use) terhadap transaksi sesungguhnya (actual usage) pengguna mobile application PDAM Surya Sembada Kota Surabaya karena nilai thitung = 7,033 ( > 1,96) artinya pengguna aplikasi ini lebih memilih konstruk kemudahan sebagai alasan untuk melakukan transaksi informasi tagihan rekening dibandingkan dengan konstruk yang lain yaitu persepsi kegunaan dan persepsi sikap konsumen.
Downloads
References
Alfa, Nur Fitriana Islami, Ismiarta Aknuranda, dan Andi Reza Perdanakusuma, 2017, Pengembangan Sistem Survei Kepuasan Pelanggan Pada PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Jurnal. Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer e-ISSN: 2548-964X.Vol. 2, No. 4, April 2017, hlm. 1690-1697
Anjaya, Rd. Ade Tribuana. 2016. Analisis Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Ditinjau Dari Aspek Keuangan, Aspek Operasional Dan Aspek Administratif. Jurnal. Majalah Ilmiah, Vol. 23, No. 2, Oktober 2016, Hal. 56-63. ISSN : 1412-5854
Anonim. 2017.Layanan Mobile Apps.www.pdam-sby.go.id Sitasi : 25 November 2017
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Edisi VI. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Devi, Ni Luh Nyoman Sherina Devi dan I Wayan Suartana. 2014. Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Di Nusa Dua Beach Hotel & Spa. Jurnal. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.1 (2014):167-184. ISSN: 2302-8556
Handayani, Wahyu Prabawati Putri dan Mugi Harsono. 2016. Aplikasi Technology Acceptance Model (TAM) Pada Komputerisasi Kegiatan Pertanahan. Jurnal Economia, Volume 12, Nomor 1, April
Jogiyanto, 2007. Sistem informasi Keperilakuan.,Yogyakarta : Penerbit Andi
Kartika, Gianena Tileng. 2015. Penerapan Technology Acceptance Model pada Aplikasi Edmodo di
Universitas Ciputra Surabaya menggunakan Analisis Jalur. Jurnal. JUISI, ISSN: 2460-1306.
Vol. 01, No. 01, Februari 2015
Kuncoro,Dian Juniarto. 2016. Studi Deskriptif Tentang Kualitas Pelayanan Penanganan Keluhan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Surabaya. Jurnal. Kebijakan dan Manajemen Publik. ISSN 2303 - 341X. Volume 4, Nomor 2, Mei-Agustus 2016
Larsen dan Lee Kozar, Lucas, H.C., Jr. 2009, Information Technology and the Productivity Paradox: Assessing the Value of Investing in IT. New York: Oxford University Press
Moh. Nasir, 2007, Metode Penelitian., Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta
Sabana, Choliq, Siti Nurhayati dan Alvis Muryodewanto.2015. Analisis Indek Kepuasan Masyarakat Pdam
Kota Pekalongan.Jurnal. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 17. Nomor 02. September 2015. ISSN : 1693-0908
Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Penerbit CV. Alfabeta
Sung Youl Park, 2009, An Analysis of the Technology Acceptance Model in Understanding University Students' Behavioral Intention to Use e-Learning. Educational Technology & Society, Konkuk University, Seoul, South Korea.12 (3), 150–162.
Yahyapour, Nima. 2008. Determining Factors Affecting Intention to Adopt Banking Recommender System, Case of Iran, Thesis, Lulea University of Technology Division of Industrial Marketing and E-commerce