KINERJA OPERASIONAL PELAYANAN TERMINAL KABUPATEN GRESIK

 Abstract views: 508

Authors

  • Anak Agung Sagung Alit Widyastuty FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v13i1.20

Keywords:

Sarana, Prasarana, kinerja, terminal

Abstract

Terminal sebagai prasarana perhubungan darat yang sangat penting, yaitu sebagai tempat untuk menaikkan dan menurunkan penumpang serta sebagai tempat persinggahan bagi bus-bus ditengah perjalanannya. Fungsi utama dari terminal yakni sebagai penyedia fasilitas masuk dan keluar dari obyek-obyek yang akan diangkut, penumpang atau barang, menuju dan dari sistem. Sesuai dengan fungsi terminal yang berperan dalam menunjang tersedianya jasa transportasi yang sesuai dengan tingkat kebutuhan, maka keberadaan terminal perlu direncanakan dengan baik agar dapat mengefektifkan dan mengoptimalkan kinerja dari terminal. Fenomena yang terjadi saat ini adalah, banyak calon penumpang dan penumpang yang naik dan turun dari mobil angkutan umum berada di luar terminal sehingga dapat menyebabkan macet, dan rawan kecelakaan. Pendekatan rancangan penelitian dengan menggunakan Deskriptif Kualitatif. Populasi penelitian merupakan sopir bis dan calon penumpang yang ada di Terminal Bunder. Jumlah sampel yang diambil adalah 22 responden yang berprofesi sebagai sopir dan 44 responden berasal dari calon penumpang yang ada di dalam Terminal Bunder Gresik. Analisis penelitian yang digunakan adalah analisis kinerja operasional pelayanan terminal bunder berupa sarana dan prasarana serta pola pergerakan sirkulasi terminal, waktu tunggu dan juga karakteristik sopir dan calon penumpang. Hasil dari penelitian ini adalah melakukan evaluasi kinerja terminal yang ada di Kabupaten Gresik dan juga melihat penyebab permasalahan yang terjadi selama ini dilapangan. Sehingga kedepannya dengan Dinas yang terkait dalam hal ini adalah Dinas Perhubungan dapat merencanakan dan menata eksisting dari terminal sehingga dapat mendukung aktivitas kota dan sesuai dengan para calon penumpang dan penumpang terminal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar I. (1997), Menuju Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang Tertib, Edisi yang disempurnakan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Jakarta.

Santoso, I. (1996), Perencanaan Prasarana Angkutan Umum, Pusat Studi Transportasi dan Komunikasi, ITB.

Warpani, Suwardjoko (1990), Merencanakan Sistem Perangkutan, Jakarta.

Morlok (1991), Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Tamin O.Z. (2000), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua, Penerbit ITB, Bandung.

Anonim (1997), Rekayasa Lalu Lintas; Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Lalu Lintas di Wilayah Perkotaan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat.

Nazir, Mohammad (1999), Metode Penelitian, Edisi Keempat, Penerbit Ghalia Indonesia, Jakarta

Diyan Fatimah (2004), studi evaluasi kinerja terminal bus Bunder di Kabupaten Gresik, Skripsi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Brawijaya Malang.

Kep. Men.Hub. No.KM/31/Tahun 1995 tentang Terminal transportasi Jalan

Published

2016-03-23

How to Cite

Alit Widyastuty, A. A. S. (2016). KINERJA OPERASIONAL PELAYANAN TERMINAL KABUPATEN GRESIK. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 13(1), 1–12. https://doi.org/10.36456/waktu.v13i1.20