PENGEMBANGAN MODEL QFD BERBASIS FUZZY KANO UNTUK JASA LAYANAN TRANSPORTASI BAGI DISABILITAS

DOI:
https://doi.org/10.36456/waktu.v15i1.429
Keywords:
Disabilitas, Fuzzy, KANO, QFD, Transportasi UmumAbstract
Karakteristik industri jasa dengan industri manufaktur berbeda. Penelitian ini akan mengembangkan model QFD (Quality Function Deployment) dimana akan dikembangkan untuk jasa layanan industri transportasi umum. Untuk menggambarkan implementasi model, akan diuji untuk transportasi bagi penyandang cacat. Hal ini karena setiap warga negara berhak untuk mendapatkan layanan transportasi umum, termasuk penyandang cacat. Penelitian dimulai dengan identifikasi Voice of Customer (VoC) dengan menggunakan metode Kano, yaitu dengan kuesioner fungsional dan disfungsional ke responden. Langkah berikutnya adalah menggunakan metode Fuzzy untuk mengurangi jawaban yang subjektiv dari responden. Setiap atribut kemudian diklasifikasikan ke dalam kategori Kano: must be, one dimensional, attractive, dan indifferent. Untuk merancang sistem layanan, digunakanlah QFD . Berdasarkan hasil analisis QFD, ada sebelas kriteria untuk kebutuhan layanan yang dari VoC dan 21 atribut respon teknik yang digunakan untuk merancang sistem pelayanan. Selain itu, berdasarkan perhitungan VoC untuk bus untuk penumpang cacat, nilai tertinggi adalah atribut keamanan. Untuk itu, diperlukan adanya pusat informasi di halte-halte bus dan terminal-terminalDownloads
References
Anita Susanti dan RAA Soemitro (2006). “Analisa Persepsi Penumpang Terhadap Tingkat Kinerja KA Komuter Surabaya-Sidoarjo”, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IV, Program Studi MMT-ITS, Surabaya 5 Agustus 2006.
Bevilacqua, M. Ciarapica, F, E. dan Giacchetta, G. (2006). “A Fuzzy-QFD Approach to Supplier Selection”. Journal of Purchasing & Supply Management,Vol.12, Pages 14-27.
Blanco Sebastian (2008), Safe And Green: Mexico City Offers Bus For Woman Only, Http://At.Atwola.Com , Dikunjungi Bulan 24 Januari 2008 Pukul 20:14wib.
Ciptomulyono, U. (1996), “Model Fuzzy Goal Programming Untuk Perencanaan Produksi Terpadu”, IPTEK, Vol. November, Hal: 116-127.
Cohen, Lou (1995), Quality Function Deployment, How To Make QFD Work For You, Addison-Wesley Publishing Company, Mass.
Jatmiko Murdiono (2006). “Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan “Busway“ Trans Jakarta”, Jurnal Ekubank, Vol. 3, Pages 12-17.
Kano, N., Seraku, K., Takahashi, F., dan Tsuji, S. (1984). “Attractive Quality And Must-Be Quality”, The Journal of the Japanese Society for Quality Control, Vol.14(2), Pages 39–48.
Kotler, Philip (2000). Marketing Management , Edisi Indonesia, PT Indeks. Jakarta.
Kusumadewi, S. (2004). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Lee,Y., Sheu,L., dan Tsou,Y. (2008). “Quality Function Deployment Implementation Based On Fuzzy Kano Model: An Application In PLM System”, Computers & Industrial Engineering , Doi:10.1016/j.cie.2007.11.014.
Martha J. Smith (2008). “Addressing The Security Needs Of Women Passengers On Public Transport”, Security Journal, Vol. 21, Pages 117 – 133.
Meng Zhang, Quanxin Sun, Jinchuan Chen dan Jifu Guo (2008). “Travel Behavior Analysis Of The Females In Beijing”, Journal Of Transportation Systems Engineering And Information Technology. Vol. 8, Issue 2, April 2008, Pages 19-26.
Prihono (2012), “Desain Layanan Kendaraan Umum untuk Wanita Berbasis Fuzzy-Kano Quality Function Deployment”, Jurnal Teknik dan Manajemen Industri, Vol.7, No. 1, Page : 44-54.
Ramaswamy Rohit (1996). Design And Management Of Service Processes” Keeping Customer For Life”, Addison-Wesley Publishing Company,Inc.
Sauerwein, E., Bailom, F., Matzler, K., Hinterhuber, H. (1996), The Kano Model : How To Delight Your Customers, Proceeding of International Working Seminar on Production Economics, Pages. 313-327.
Suhartini. (2011). “Pendekatan Fuzzy-QFD dalam Pemilihan Supllier”, Jurnal Matrik. Vol.6. No. 1. Page : 1-10.
Temponi C.,Yen J. dan Tiao W.A. (1999). “House of Quality: A fuzzy Logic-Based Requirement Analysis”, European Journal of Operational Research 117, 340-354.
Tjiptono, Fandy (2005). Manajemen Jasa, Edisi Kedua, Andy Offset, Yogyakarta.