ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DI SIMPANG GLADAG KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI

 Abstract views: 483

Authors

  • Dimas Aji Purnomo Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Marde Andrisma Ambawani Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v20i01.5122

Keywords:

kinerja simpang, simpang tak bersinyal, persimpangan

Abstract

Transportasi memiliki peran penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi. Salah satu komponen penting dalam mewujudkan sistem transportasi yang bagus adalah kemampuan kinerja jalan dan persimpangan. Simpang Gladag merupakan salah satu simpang tak bersinyal dan merupakan jalur transportasi penting untuk kegiatan perdagangan dan jasa. Di simpang tersebut banyak terjadi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan pelanggaran pengguna jalan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa simpang tak bersinyal apakah tingkat pelayanan sudah sesuai apa belum dengan aturan yang diisyaratkan. Metode digunakan adalah menghitung LHR, tundaan serta nilai DS. Hasil analisis diperoleh DS (derajat kejenuhan) Simpang Gladag sebesar 0,45 det/kend, DT1 (Tundaan 1) sebesar 4,57 det/kend, Tundaan jalan Mayor (DMA) sebesar 3,42 det/kend, Tundaan Geometrik (DG) sebesar 26,04 det/kend, tundaan rata – rata / waktu tunggu kendaraan sebesar 31,01 det/kend. Hasil perhitungan kinerja disimpang Gladak dikategorikan tingkat pelayanan D.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abubakar, I., 1995, Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan, Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Jakarta

Hobbs, F.D. 1979. Traffic Planning and Engineering, Second edition, edisi Indonesia, 1995, terjemahan Suprapto T.M. dan Waldijono, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Edisi kedua, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Khisty J C dan Lall K B. 2005. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid I. Jakarta (ID): Erlangga.

Listiana, Novi dan Sudibyo, Tri. 2019. Analsis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Dramaga-Bubulak Bogor, Jawa Barat. Jurnal Teknik Sipil Dan Lingkungan. Vol. 04 No. 01, April 2019.

Morlok, E.K. 1991. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Jakarta : Penerbit Erlangga

Munawar, A.. 2004. Manajemen Lalu Lintas Perkotaan, Yogyakarta : Penerbit Beta Offset

Pratama, Muhammad Daryl Marta dan Elkhasnet. 2019. Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan A.H. Nasution dan Jalan Cikadut,Kota Bandung. Jurnal Teknik Sipil Itenas. No.2 Vol.2, Juni 2019.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan dan Jembatan. 2015. Simpang tak Bersinyal dan Bagian Jalinan. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2015. Jakarta (ID): Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Rita Kurniati, Ni Luh Wayan. 2016. Optimalisasi Kinerja Simpang Pasar Pagi Arenka Di Kota Pekanbaru. Jurnal Penelitian transportasi Darat, Volume 18, Nomor 2, Mei 2016

Risdiyanto. 2008. Perbandingan Tundaan Simpang Bersinyal dengan Metode MKJI 1997 dan Metode Survei Lapangan. Jurnal Pengembangan Teknik Sipil, Volume 13, Nomor 1, April 2008.

Risdiyanto. 2014. Rekayasa dan Manajemen Lalu Lintas : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta

Tamin, O.Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, dan Rekayasa Transportasi. Bandung : Penerbit Leutikaprio

Downloads

Published

2022-01-29

How to Cite

Aji Purnomo, D. ., & Andrisma Ambawani, M. (2022). ANALISA KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DI SIMPANG GLADAG KECAMATAN ROGOJAMPI KABUPATEN BANYUWANGI. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 20(01), 32–38. https://doi.org/10.36456/waktu.v20i01.5122