PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI KAWASAN PESISIR SEDATI BERBASIS MASYARAKAT

 Abstract views: 819

Authors

  • Yudo Darmanto
  • Suning Suning

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v13i2.56

Abstract

Kecamatan Sedati merupakan salah satu Kecamatan berpotensi di Kabupaten Sidoarjo. Potensi yang terdapat di Kecamatan Sedati ialah perikanan tangkap dan perikanan tambak. Potensi perikanan memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Kabupaten Sidoarjo secara umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengembangan potensi ekonomi kawasan pesisir Sedati berbasis partisipasi masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah Analisis Skalogram dengan tujuan untuk mengetahui potensi ekonomi, Analisis Partisipasi Masyarakat untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dan Analisis SWOT-STEEP untuk menentukan strategi pengembangan potensi ekonomi. Hasil penelitian berdasarkan Analisis Skalogram menunjukkan bahwa Desa Kalanganyar adalah desa yang paling berpotensi dibandingkan desa pesisir lainnya di Kecamatan Sedati untuk potensi perikanan tambak. Hasil analisis partisipasi masyarakat menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat kawasan pesisir Kecamatan Sedati berada pada level 2 Theraphy, yaitu inisiatif datang dari Pemerintah dan hanya satu arah. Hasil dari kombinasi matriks SWOT-STEEP menunjukkan prioritas utama yang harus ditingkatkan yaitu aspek sosial, dengan cara meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia masyarakat yang ada di kawasan pesisir Sedati. Kata Kunci : Partisipasi masyarakat, Pesisir, Potensi ekonomi, Skalogram, STEEP-SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiharsono, Sugeng. 2001. Teknik Analisis Pembangunan Wilayah Pesisir. Pradnya Paramita. Jakarta.

Nurwahyuni, Lia P. 2007. Penentuan Prioritas Pengembangan Kawasan Pesisir Kecamatan Sedati. Skripsi. Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. ITS. Surabaya. STEEP Analisis Suning, SE,. MT,. (2013)

Undang-Undang Tata Ruang Republik Indonesia No. 26 tahun 2007

Undang-Undang No. 27 tahun 2007 tentang pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil.

Published

2016-03-28

How to Cite

Darmanto, Y., & Suning, S. (2016). PENGEMBANGAN POTENSI EKONOMI KAWASAN PESISIR SEDATI BERBASIS MASYARAKAT. WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 13(2), 19–29. https://doi.org/10.36456/waktu.v13i2.56

Most read articles by the same author(s)