ANALISIS CRITICAL TO QUALITY (CTQ) PADA PERCETAKAN KORAN DI PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA (JAWA POS GROUP)

 Abstract views: 1774

Authors

  • Yitno Utomo Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Muhamad Abdul Jumali Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Diva Nalurita Salsabila Teknik Industri, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v20i02.5876

Keywords:

Critical to Quality, Control Chart, Pareto

Abstract

PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group) merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan atau grafika. Konsep pengendalian kualitas menjadi bagian terpenting karena Koran atau media cetak merupakan produk dengan proses produksi paling cepat. Analisis  Critical to Quality digunakan untuk mengidentifikasi berbagai macam kecacatan yang dicatat dalam suatu produksi produk. Tujuan dari penelitian ini untuk menentukan berapa jumlah Critical to Quality (CTQ) pada kecacatam Koran dan bentuk perbaikannya. Menentukan peta kontrol (Control Chart) dari kejadian kecacatan yang ada pada Koran di PT. Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group).  Hasil penelitian ini   CTQ (Critical to Quality dalam diagram pareto mencatat 4 kecacatan paling dominan, yaitu ; cetakan kotor sebanyak 3.148 sekitar (23%), register sebanyak 2.579 sekitar (18%), Kerataan tinta sebanyak 2.464 sekitar (18%), dan cetakan ghosting sebanyak 2.368 sekitar (17%).  Peta kontrol dalam Critical to Quality menunjukkan yang mengalami out of control terdiri dua bagian yaitu; Pertama, cetakan kotor melebihi batas atas peta kontrol (Upper Control Limit) yang bernilai 303,08 dengan rata-rata kecacatan (Average) sebesar 197. Kedua, kerataan tinta dengan rentang poin kecacatan melebihi batas atas peta kontrol (Upper Control Limit) yang bernilai 293,62 dengan rata-rata kecacatan (Average) sebesar 200,43. Peta kontrol dalam Critical to Quality yang menunjukkan in control terdiri dua bagian yaitu; Pertama, Register dimana rentang poin kecacatan tidak melebihi batas atas peta kontrol (Upper Control Limit) yang bernilai 260,90 dengan rata-rata kecacatan (Average) sebesar 156,43. Kedua, Cetakan Ghosting dimana rentang poin kecacatan tidak melebihi batas atas peta kontrol (Upper Control Limit) yang bernilai 225,17 dengan rata-rata kecacatan (Average) sebesar 149,04.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi W, Djoko. Utomo, Yitno. Koesdijati, T. (2020). Pengendalian Kualitas (pp. 1–261). Scopindo Media Pusaka. https://books.google.co.id/books?id=govUDwAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Ahmad, F. (2019). Six Sigma Dmaic Sebagai Metode Pengendalian Kualitas Produk Kursi Pada Ukm. Jurnal Integrasi Sistem Indusrtri, 6(1), 11–17. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/jisi/article/view/4061

Bahauddin, A., & Latif, M. R. (2022). Pengendalian kualitas base oil menggunakan metode six sigma. Journal Industrial Servicess, 7(2), 269. https://doi.org/10.36055/jiss.v7i2.14401

Ibrahim, Arifin, D., & Khairunnisa, A. (2020). Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma Dengan Tahapan DMAIC Untuk Mengurangi Jumlah Cacat Pada Produk Vibrating Roller Compactor Di PT. Sakai Indonesia. Jurnal KaLIBRASI - Karya Lintas Ilmu Bidang Rekayasa Arsitektur, Sipil, Industri., 3(1), 18–36. https://ejournal.borobudur.ac.id/index.php/teknik/issue/view/79

Idris, I., Sari, R. A., Wulandari, & U, W. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. Teknovasi, 3(1), 66–80.

Manik, C. D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 3(1), 40–56. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/6747

Saputra, A. E., & Mahbubah, N. A. (2021). Analisis Seven Tools Pada Pengendalian Kualitas Proses Vulkanisir Ban 1000 Ring 20 di CV Citra Buana Mandiri Surabaya. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 5(3), 252. https://doi.org/10.30998/string.v5i3.8465

Sirine, H., & Kurniawati, E. P. (2017). Pengendalian Kualitas Menggunakan Metode Six Sigma (Studi Kasus pada PT Diras Concept Sukoharjo). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 257. http://www.dirasfurniture.com

Ulkhaq, M. M., Pramono, S. N. W., & Halim, R. (2017). Aplikasi Seven Tools Untuk Mengurangi Cacat Produk Pada Mesin Communite Di PT. Masscom Graphy, Semarang. Jurnal PASTI, XI(3), 220–230.

Utomo, Y., & Rahmatulloh. (2021). Penerapan Six Sigma Untuk Peningkatan Kualitas Packing Pada Minyak. 9–23.

Wulandari, I. (2017). Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six. 4988, 222–241.

Downloads

Published

2022-08-03

How to Cite

Utomo, Y. ., Jumali, M. A. ., & Salsabila, D. N. . (2022). ANALISIS CRITICAL TO QUALITY (CTQ) PADA PERCETAKAN KORAN DI PT TEMPRINA MEDIA GRAFIKA (JAWA POS GROUP). WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 20(02), 103–109. https://doi.org/10.36456/waktu.v20i02.5876

Most read articles by the same author(s)