PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNTUK MEWUJUDKAN MANAJEMEN SEKOLAH DI SMK KAL I SURABAYA (DENGAN STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO)

 Abstract views: 132

Authors

  • Baihaqi Baihaqi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Yunia Dwie Nurcahyanie Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v11i2.830

Keywords:

Manajemen Sekolah, Pengukuran Kinerja

Abstract

Pengukuran kinerja tidak hanya diperlukan di dalam dunia bisnis tetapi juga diperlukan
didalam dunia pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan secara berkelanjutan harus
dilakukan dengan memasukkan penilaian, akreditasi dan evaluasi diri  institusi yang
dilakukan terhadap Sekolah Menengah Kejuruan baik Tingkat Negeri Maupun Swasta. Saat ini
SMK KAL I Surabaya mempunyai beberapa permasalahan seperti : Sistem kearsipan yang
belum rapi dan teratur, tidak ada sistem database yang memadai, tidak adanya kontrol terhadap
implementasi kurikulum dan silabus pada proses belajar mengajar, dan lain-lain. Melihat
banyaknya permasalahan yang dialami, maka Program studi berusaha mengambil langkahlangkah
prioritas dalam menyelesaikan permasalahan dan untuk meningkatkan
kinerjanya.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif.
Pendekatan kualitatif Menurut Sugiyono (2009:9)menyebutkan bahwa penelitian kualitatif
adalah : “Metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk
meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya  adalah eksperimen)dimana
peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara
purposive dan snowball, teknik pengumpulan dengan triangulasi (gabungan),analisis data
bersifat induktif/ kualitatif dan hasil peneltian kualitatif lebih menekankan makna dari pada
generalisasiâ€Analisis adalah proses penyusunan data agar dapat ditafsirkan. Tahap ini
berlangsung dari awal hingga akhir penelitian, seperti yang dijelaskan oleh Nasution 2003:138)bahwa penelitian kualitatif, analisis data dimulai sejak merumuskan dan menjelaskan
masalah, sebelum terjun ke lapangan, selama berlangsung penelitian, terus sampai penulisan
hasil penelitian. Maka karakteristik analisis data dalam penelitian ini berlangsung secara induktif
dan dilakukan secara terus-menerus.Sistem pengukuran kinerja untuk mewujudkan manajemen
sekolah di SMK KAL I Surabaya telah sampai pada tujuan yang diharapkan. Dari berbagai
stakeholder sinergi bersama dalam peningkatan mutu dan kualitas dalam dunia pendidikan
dan siap bersaing dalam persaingan dunia pendidikan yang semakin maju dan mengikuti
perkembangan zaman.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Artley, Will and Stroh, Suzanne (2001), â€The PerformanceManagement Handbook: Establishing an Integrated Performance Measurement Systemâ€, Performance-Based Management Special Interest Group (PBM SIG), <http://www.orau.gov/pbm

Asri Isparwati. Stakeholder Relationship; Pusat Pengembangan Bahan Ajar UMB

Bititci, U.S., Carrie, Allan S., McDevitt, Liam (1997), Integrated Performance Measurement System: a Development Guide, International Journal of Operation and Production management, Vol. 17, No.5, 1997

Neely A, Gregory M and Platts K (1995), Performance Measurement System Design : A Literature, University of Cambridge, Cambridge Research Group, Mill Lane, Cambridge

Suharsimi Arikunto. Dr. Prof. Prosedur penelitian. Rineka Cipta.

Sugiyono, 2009: Penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D: Bandung Alfabeta

Sutrisno Hadi. MA. Drs. Prof. Metodologi Research. Andi. Yogyakarta

Published

2013-07-15

How to Cite

Baihaqi, B., & Nurcahyanie, Y. D. (2013). PERANCANGAN SISTEM PENGUKURAN KINERJA UNTUK MEWUJUDKAN MANAJEMEN SEKOLAH DI SMK KAL I SURABAYA (DENGAN STUDI KASUS JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO). WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 11(2), 8–11. https://doi.org/10.36456/waktu.v11i2.830

Most read articles by the same author(s)