PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA PADA PERGURUAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA ITATS)
Abstract views: 81DOI:
https://doi.org/10.36456/waktu.v8i1.875Keywords:
Sistem Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Jurusan Teknik Informatika ITATSAbstract
Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya yang telah terakreditasi
berdasarkan sumber daya yang ada diproyeksikan menjadi Jurusan andalan pada masa yang
akan datang. Untuk mencapai keberhasilan yang kompetitif terhadap jurusan lain maupun jurusan
sejenis pada universitas lain, maka diperlukan Sistem Pengukuran Kinerja yang dapat
menterjemahkan dan melaksanakan strategi organisasi dan memperbaiki kinerja organisasi
secara terus menerus. Proses perancangan system pengukuran kinerja dengan metode Balanced
Scorecard didasarkan pada visi, misi dan strategi organisasi serta penetapan tujuan strategis dari
masing – masing perspektif (outcome, konsumen, proses bisnis internal, pembelajaran &
pertumbuhan), penentuan KPI serta penetapan target (inisiatif). Dari hasil analisa diperoleh kinerja
Jurusan Teknik Informatika ITATS untuk masing – masing perspektif adalah sebagai berikut :
Perspektif Outcome 0,192, Perspektif Konsumen sebesar 4,071, Perspektif Proses Bisnis Internal
sebesar 0,5, Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan sebesar 0,683. Dengan demikian secara
keseluruhan kinerja Jurusan Teknik Informatika ITATS adalah cukup baik dengan nilai kinerja
5,446
Downloads
References
Barden, Automatting BSC, http://www.balanced scorecard.com
Expert Choice Decision Support Software Version 9.0, 4922 Ellsworth Avenue Pittsburgh, PA
USA, 1983 – 1995.
Kaplan, Robert S. Norton, David P (1996), “The BSC – Translating Strategy Into Actionâ€, Harvard
Business School Press, Boston.
Kaplan, R. S & Norton, D.P (1992), The Balanced Scorecard—Measures that Drive Performance,
Harvard Business Review, January-February, 71-79
Saaty, T.L (1980). “The Analytical Hierarchy Processâ€. McGraw-Hill, New York.
Suwignyo P, Hand Out Pengukuran Kinerja, Program Pasca Sarjana, ITS, 2000.
Evans, Matt H., Course 11: The Balanced Scorecard, www.exinfm.com/training
Black, Janice A (2004), Accountability for Higher Education: Applying the Balanced Scorecard,
proceeding at College of Business Administration and Economics, New Mexico State
University
Heru (2006a), Strategy Map, http://heru.wordpress.com/2006/07/12/strategy-map/
Heru (2006b), Target KPI siapa yang berhak menentukan,
http://heru.wordpress.com/2006/06/29/target-kpi-siapa-yang-berhak-menentukan/
http://www.rapidbi.com/created/criticalsuccessfactors.html#KPIsCSFs
Evaluasi Diri Jurusan Teknik Informatika ITATS
Buku Panduan Akademik ITATS