PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA PADA PERGURUAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA ITATS)

 Abstract views: 81

Authors

  • I.G.A Sri Deviyanti universitas wr supratman

DOI:

https://doi.org/10.36456/waktu.v8i1.875

Keywords:

Sistem Pengukuran Kinerja, Balanced Scorecard, Jurusan Teknik Informatika ITATS

Abstract

Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya yang telah terakreditasi
berdasarkan sumber daya yang ada diproyeksikan menjadi Jurusan andalan pada masa yang
akan datang. Untuk mencapai keberhasilan yang kompetitif terhadap jurusan lain maupun jurusan
sejenis pada universitas lain, maka diperlukan Sistem Pengukuran Kinerja yang dapat
menterjemahkan dan melaksanakan strategi organisasi dan memperbaiki kinerja organisasi
secara terus menerus. Proses perancangan system pengukuran kinerja dengan metode Balanced
Scorecard didasarkan pada visi, misi dan strategi organisasi serta penetapan tujuan strategis dari
masing – masing perspektif (outcome, konsumen, proses bisnis internal, pembelajaran &
pertumbuhan), penentuan KPI serta penetapan target (inisiatif). Dari hasil analisa diperoleh kinerja
Jurusan Teknik Informatika ITATS untuk masing – masing perspektif adalah sebagai berikut :
Perspektif Outcome 0,192, Perspektif Konsumen sebesar 4,071, Perspektif Proses Bisnis Internal
sebesar 0,5, Perspektif Pembelajaran & Pertumbuhan sebesar 0,683. Dengan demikian secara
keseluruhan kinerja Jurusan Teknik Informatika ITATS adalah cukup baik dengan nilai kinerja
5,446

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barden, Automatting BSC, http://www.balanced scorecard.com

Expert Choice Decision Support Software Version 9.0, 4922 Ellsworth Avenue Pittsburgh, PA

USA, 1983 – 1995.

Kaplan, Robert S. Norton, David P (1996), “The BSC – Translating Strategy Into Actionâ€, Harvard

Business School Press, Boston.

Kaplan, R. S & Norton, D.P (1992), The Balanced Scorecard—Measures that Drive Performance,

Harvard Business Review, January-February, 71-79

Saaty, T.L (1980). “The Analytical Hierarchy Processâ€. McGraw-Hill, New York.

Suwignyo P, Hand Out Pengukuran Kinerja, Program Pasca Sarjana, ITS, 2000.

Evans, Matt H., Course 11: The Balanced Scorecard, www.exinfm.com/training

Black, Janice A (2004), Accountability for Higher Education: Applying the Balanced Scorecard,

proceeding at College of Business Administration and Economics, New Mexico State

University

Heru (2006a), Strategy Map, http://heru.wordpress.com/2006/07/12/strategy-map/

Heru (2006b), Target KPI siapa yang berhak menentukan,

http://heru.wordpress.com/2006/06/29/target-kpi-siapa-yang-berhak-menentukan/

http://www.rapidbi.com/created/criticalsuccessfactors.html#KPIsCSFs

Evaluasi Diri Jurusan Teknik Informatika ITATS

Buku Panduan Akademik ITATS

Published

2010-01-15

How to Cite

Deviyanti, I. S. (2010). PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA PADA PERGURUAN TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS DI JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA ITATS). WAKTU: Jurnal Teknik UNIPA, 8(1), 70–78. https://doi.org/10.36456/waktu.v8i1.875