PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MOTIVASI BERWIRASWATA

pendidikan kewirausahaan, Motivasi, berwirausaha

 Abstract views: 67

Authors

  • Martha Suhardiyah Universitas PGRI Adi Buana

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v55i2.1365

Abstract

Untuk menghasilkan lulusan yang dapat diserap dalam lapangan pekejaan perlu dibekali ilmu yang dapat diterapkan dalam dunia kerja. Dewasa ini dicanangkan Era Enterpreunership bagi mahasiswa, banyak program pelatihan yang terkait pelaksanaan program tersebut, hal ini dimaksudkan agar nantinya para mahasiswa setelah lulus dapat menciptakan dunia kerja sendiri tidak tergantung dari lapangan pekerjaan yang tersedia sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran Banyak lembaga Pendidikan yang mulai memasukkan mata kuliah Kewirausahaan di dalam kurikulum yang wajib ditempuh oleh mahasiswa di semua jurusan (program studi). Di Universitas PGRI Adi Buana (UNIPA) Surabaya pada tahun 2010 ini sangat merespon program kewirausahaan tersebut bahkan dalam Visi nya berbunyi: "Mewujudkan UNIPA Surabaya mampu menghasilkan kader bangsa berperilaku profesional, mampu melakukan riset dan memiliki jiwa kewirausahaan". 
Pada semester Genap tahun akademik 2009/2010 terdapat 7 Program studi yang mencantumkan jadwal mata kuliah Kewirausahaan yaitu: Bimbingan & Penyuluhan (Angkatan 2006;2007); Matematika (2006), PKK-Busana (2006), Teknik Elektro (2007), Manajemen (2008 dan 2007), Biologi ( 2006); dan Teknik Industri (2008). 
Dalam penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 93 orang mahasiswa dari 4 progdi yaitu PKK, Pendidkan Matematika, Akuntansi dan Manajemen diperoleh hasil bahwa ada pengaruh antara pendidkan kewirausahaan dengan motivasi berwirausaha sebesar 67% . Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa adanya pendidikan Kewirausahaan akan mempunyai dampak terhadap motivasi mahasiswa untuk berwirausaha. Oleh karena itu maka perlu ditingkatkan intensitas pelatihan terkait dengan enterpernuership.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2010-12-01

Issue

Section

Artikel