KONSEP DASAR PERKEMBANGAN POTENSI MOTORIK ANAK USIA PRA-SEKOLAH

 Abstract views: 6094

Authors

  • Ujang Rohman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v57i2.1370

Abstract

Motorik merupakan bentuk perilaku gerak manusia, atau dengan kata lain adalah semua gerakan yang dapat dilakukan oleh seluruh tubuh. Perkembangan motorik adalah berkembangnya unsur kematangan dan pengendalian gerakan tubuh. Potensi motorik anak berkembang bersamaan dengan tingkat kematangan sistem syaraf dan otot, serta terjadinya aktivitas anak di bawah kontrol otak. Pada anak perkembangan motorik merupakan perubahan kemampuan motorik yang melibatkan berbagai aspek prilaku dan kemampuan motorik. Pada prinsipnya ada tiga tahap perkembangan potensi motorik pada anak usia pra-sekolah, yaitu tahap kognitif, asosiatif, dan automatis. Pertumbuhan fisik anak akan menentukan potensinya dalam bergerak, sedangkan perkembangan kemampuan motorik akan mempengaruhi cara anak memandang diri sendiri dan orang lain. Meningkatnya potensi motorik anak akan meningkatkan pula aspek fisiologis, psikologis, dan kognitif anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-01-11

Issue

Section

Artikel