ANALISIS PEMECAHAN MASALAH TRIGONOMETRI SISWA SMK PEMESINAN
DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v71i2.2105Keywords:
Pemecahan Masalah, Trigonometri, SMK PemesinanAbstract
Alasan penyebab sulitnya pemecahan masalah trigonometri oleh siswa SMK Pemesinan dapat
ditinjau dari faktor siswa dalam meyelesaikan pemecahan masalah trigometri. Sehingga penting
untuk melakukan analisis kesalahan yang telah dilakukan oleh siswa dalam pemecahan masalah
trigometri tersebut. Adapun kesalahan yang dianalisis meliputi letak dan jenis serta faktor
penyebab kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah trigometri.
Masalah trigonometri khususnya dan meningkatkan hasil belajar matematika pada umumnya.
Penelitian ini dilaksanakan di 3 (tiga) SMK Jurusan Pemesinan yakni SMKN 1 Jetis Mojokerto,
SMK Nada Mojokerto, dan SMK Krian 1 Sidoarjo. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa
kesalahan yang dilakukan oleh Siswa SMK Pemesinan yang berkemampuan tinggi, sedang, rendah
dan bergaya kognitif field dependent lebih banyak daripada Siswa SMK Pemesinan yang
berkemampuan tinggi, sedang, rendah dan bergaya kognitif field independent ditinjau dari letak
dan jenis kesalahannya. Sementara faktor penyebab terjadinya kesalahan yang dilakukan oleh
Siswa SMK Pemesinan baik yang berkemampuan tinggi, sedang, atupun rendah dan bergaya
kognitif field dependent ataupun field independent secara umum adalah faktor internal yang
diakibatkan oleh kemampuan intelektual, dan kondisi kognitif dari Subjek.