Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 1 Sekerak

DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v73i1.3883
Keywords:
project based learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sekerak yang berjumlah 16 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran PjBL di SMAN 1 pada pokok bahasan vektor. Data yang diambil berupa hasil observasi dari hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan persentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 2 kategori aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 75% siswa memperoleh nilai minimal 75 dan pada siklus II sebesar 87,5% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.