Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Fisika Pada Kelas X SMA Negeri 1 Sekerak

 Abstract views: 467

Authors

  • Erliadi Erliadi

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v73i1.3883

Keywords:

project based learning, aktivitas siswa, hasil belajar siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran project based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam 2 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sekerak yang berjumlah 16 orang siswa. Objek dari penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran PjBL di SMAN 1 pada pokok bahasan vektor. Data yang diambil berupa hasil observasi dari hasil tes pada siklus I dan siklus II dengan indikator keberhasilan persentase aktivitas siswa memenuhi batas toleransi waktu ideal dan persentase siswa yang memperoleh nilai minimal 75 sebanyak 85% atau lebih. Berdasarkan hasil penelitian, 2 kategori aktivitas siswa pada siklus I belum memenuhi batas toleransi waktu ideal sedangkan pada siklus II setiap kategori aktivitas siswa sudah memenuhi batas toleransi waktu ideal. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Adapun hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 75% siswa memperoleh nilai minimal 75 dan pada siklus II sebesar 87,5% siswa yang memperoleh nilai minimal 75 artinya terjadi peningkatan hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II sebesar 12,5% dan telah tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-07-09