Pengaruh Respon Tentang Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Asam Basa SMA Katolik Sint Pieter Kecamatan Loli Waikabubak Kabupaten Sumba Barat Tahun Ajaran 2020/2021

 Abstract views: 150

Authors

  • Yuliana Kurnyati Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Indonesia
  • Yanti Rosinda Tinenti Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Indonesia
  • Maria Aloisia Uron Leba Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.4196

Keywords:

Media video pembelajaran, Respon peserta didik, Hasil belajar

Abstract

 

Media  pembelajaran video merupakan suatu alternatif yang dapat meningkatkan partisipasi peserta didik dalam belajar aktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui validitas video pembelajaran pada materi pokok asam basa. (2) Mengetahui respon peserta didik tentang media video pembelajaran pada materi pokok asam basa. (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan media video pembelajaran pada materi pokok asam basa. (4) Mengetahui hubungan respon tentang media video pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik  pada materi pokok asam basa. (5) Mengetahui pengaruh respon tentang media video pembelajaran  terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok asam basa. Dari Analisis data diperoleh (1) Persentasi  tingkat validasi oleh validator ahli materi secara keseluruhan sebesar 88,637%, dan persentasi tingkat validasi media secara keseluruhan sebesar 96,591 % dinyatakan media sangat layak digunakan. (2) Respon peserta didik tentang media video pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 85,33%. (3) Ketuntasan hasil belajar pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta didik sebesar 81,23 dan dinyatakan tuntas. (4)ada hubungan yang signifikan antara respon dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak tahun ajaran 2020/2021 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,2. (5)Ada pengaruh yang signifikan antara respon dengan hasil belajar peserta didik kelas XI IPA SMA Katolik Sint Pieter Waikabubak tahun ajaran 2020/2021 dengan persamaan regresi sederhana  =  67,39+ 0,16x.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-07-15