Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Google Classroom Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

 Abstract views: 310

Authors

  • Mutia Aprillia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Indonesia
  • Rasmitadila Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Indonesia
  • Irma Inesia Sri Utami Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda, Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.5281

Keywords:

Google Classroom, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan seberapa tinggi pengaruh variabel penggunaan media pembelajaran Google Classroom terhadap variabel minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) di SDN Cibeureum 4 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi kausal. Pengambilan sampel dipilih menggunakan teknik Nonprobability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Setelah dilaksanakannya penelitian, hasil menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Google Classroom berpengaruh positif terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan pengaruh positif sebesar 43,9%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan media pembelajaran Google Classroom dapat meningkatkan minat belajar siswa dan menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan saat pembelajaran jarak jauh

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-28