PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

 Abstract views: 422

Authors

  • Yustitia Via Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v64i1.538

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik yang valid dan praktis; (2) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi operasi aljabar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dilakukan dengan menggunakan model  4-D Thiagarajan, dkk, namun peneliti hanya menempuh 3D, yang terdiri atas define, design, dan develop. Subjek ujicoba penelitian ini dilakukan di kelas VIII SMPN 4 Taman. Hasil validasi perangkat pembelajaran dinyatakan valid menurut ahli karena diperoleh rata-rata validasi dalam rentang skor antara 1–4, yaitu 3,42. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang dikembangkan praktis, karena setelah diujicobakan diperoleh hasil: (1) adanya respons positif dari siswa; (2) adanya respons yang baik dari guru; (3) keterlaksanaan pembelajaran pada kategori baik. Pembelajaran efektif pada kelas eksperimen karena setelah diujicobakan diperoleh hasil: (1) aktivitas siswa kelas uji coba berkategori baik; (2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa kelas uji coba perangkat lebih baik dari kelas kontrol; (3) kemampuan pemecahan masalah siswa telah mencapai ketuntasan klasikal. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan pendekatan saintifik memenuhi kriteria valid, praktis, dan pembelajarannya efektif.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Kemampuan Pemecahan Masalah, pendekatan saintifik,.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahbahani, K. 2006. Inside Look: An Interior Potrait of Contructivist Teachers. International Journal Contructivist. vol.17, no. 1, hlm.1-16.

 

Beckmann, A. 2009. The Science Math Project. Germany: The Science Math-Group.

 

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Ditjen Dikdasmen Depdiknas.

 

Dewi, P.D., Suharta, P.G., dan Ardana, M.I. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Scientific Berorientasi Teknologi Informasi dan komunikasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. vol. 3, no. 1,  hlm. 1-12.

 

Dewiyani. 2008. Mengajarkan Pemecahan Masalah dengan Menggunakan Langkah Polya. Jurnal Pendidikan Sistem Informasi dan Komputer. vol. 12, no. 2,  hlm. 87-95.

 

Freitas, D.E. 2008. Critical Mathematics Education: Recognizing the Ethical Dimension of Problem Solving. International Electronic Journal of Mathematics Education, vol. 3, no. 2. hlm. 79-95.

 

Hudojo, H. 2003. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negeri Malang.

 

Kim, D. H. 2012. Improving Problem Solving and Critical Thinking among Korean Nursing Student over an Academic Year. Educational Research Journal, vol. 2, no. 8, hlm: 257-265.

 

Niken, W.U. dan Jailani. 2012. Permasalahan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika. hlm. 611-620. Prosiding Seminar Nasional Matematika. Yogyakarta: UNY.

 

Rochmad. 2012. Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika. Journal Kreano FMIPA  UNNES. vol. 3, no.1, hlm. 59-72.

 

Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik.  Translated by Narulita Yusron. 2008. Bandung: Penerbit Nusa Media.

 

Suherman, E., Turmudi, Suryadi, Herman, T., dan Suhendra. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

 

Suyitno, Amin. 2004. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Unnes.

 

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

 

Tran, V.D. 2013. Effects of Student Teams Achievement Division (STAD) on Academic Achievement, and Attitudes of Grade 9th Secondary School Students towards Mathematics. International Journal of Sciences. vol.2, no. 1, hlm 5-15.

 

Varelas, M dan Ford M. 2009. The scientific method and scientific inquiry: Tensions in teaching and learning. USA: Wiley InterScience.

 

Winarni, S. 2014. Peranan Cooperative Learning dalam Pembelajaran Matematika pada Kurikulum 2013. Jurnal Edumatica. vol 4, no. 1, hlm. 16-22.

Published

2015-06-01

Issue

Section

Artikel