Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Dr. Soetomo Surabaya Selama Pembelajaran Daring
Abstract views: 177DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v74i2.5738Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Kemandirian Belajar, Motivasi BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menguji dan membuktikan, serta untuk mengetahui besarnya pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Dr. Soetomo Surabaya selama pembelajaran daring. Kontribusi dalam bidang pembelajaran matematika dapat dijadikan dasar acuan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih baik yang dapat mengembangkan motivasi dan kemandirian belajar siswa. Metode pengumpulan data berupa angket motivasi dan kemandirian belajar, sedang hasil belajar matematika diambil dari dokumen nilai ujian akhir semester satu tahun ajaran 2020-2021.Variabel bebas yaitu motivasi belajar dan kemandirian belajar, sedang variabel terikat yaitu hasil belajar matematika. Metode analisis data menggunakan analisis regresi liniear berganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh motivasi dan kemandirian belajar secara bersama-sama yang sangat signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Dr. Soetomo Surabaya selama pembelajaran daring, dan besarnya pengaruh motivasi dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 81,7% sedangkan sisanya 18,3 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.