Efektifitas Digital Concierge Dalam Mendukung Operasional Hotel
Abstract views: 370DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v74i1.5974Keywords:
Hotel, Teknologi hotel, Concierge, Digital conciergeAbstract
Teknologi Informasi di Industri Pariwisata sudah mulai banyak digunakan untuk mendukung operasional hotel. Concierge memiliki tugas dalam memberikan bantuan dan kebutuhan tamu di Hotel sehingga operasional hotel dapat berjalan dengan lancar. Layanan digital concierge di salah satu hotel di Indonesia dilakukan untuk memberikan pengalaman baru bagi tamu. Hal ini perlu menjadikannya perlu adanya penelitian lebih lanjut terkait efektifitas layanan digital concierge di hotel tersebut. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan bentuk studi kasus. Adapun data yang digunakan dalm bentuk observasi, wawancara, diskusi dan dokumentasi. Terdapat beberapa fitur digital concierge yang dapat dilakukan oleh tamu. Adapun prosedur penggunaan digital concierge dilakukan melalui telegram oleh tamu dimana akan terhubung langsung ke vouch system. Layanan digital concierge by vouch yang dijalankan oleh The Anmon Resort Bintan ini sudah efektif dalam mendukung operasional. Terdapat kelebihan dan kekurangan dalam layanan digital concierge akan tetapi kelebihan dari layanan digital concierge lebih banyak daripada kekurangan yang dimiliki layanan tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi informasi dalam bentuk digital concierge by vouch ini sangat membantu operasional hotel dan dapat memenuhi harapan tamu. Sedangkan, beberapa kekurangan dari layanan digital concierge by vouch masih dapat diatasi dengan memperbaiki sistem yang ada serta dengan menambahkan ataupun mengembangkan fitur baik yang sudah ataupun belum ada.