Kesiapan Pembelajaran Guru dan Siswa di SD Negeri 2 Tamban Pasca Pandemi Covid-19

 Abstract views: 145

Authors

  • Rizki Nurazmi Fadillah Diyaurrahman Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Naomi Diva Daniswara Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Bagas Priyo Sembodo Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia
  • Rian Damariswara Universitas Nusantara PGRI Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v74i2.6128

Keywords:

Kesiapan, Pembelajaran, Pasca pandemi, Guru, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesiapan guru dan siswa menghadapi transisi pembelajaran dari daring ke luring di SD Negeri II Tamban. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, metode ini digunakan untuk mengetahui kesiapan pembelajaran pada guru dan siswa pada masa pascapandemi. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara kepada kepala sekolah, analisis data evaluasi  pembelajaran, dan kuisoner pada guru dan siswa di SD Negeri 2 Tamban desa Tamban, Kecamatan Pakel, kabupaten Tulungagung pada tanggal 28 Mei Tahun 2022. Sampel penelitian adalah kepala sekolah, guru sebanyak 11 orang, siswa kelas 5 sebanyak 15 orang dan kelas 6 sebanyak 11 orang yang berada di SD Negeri 2 Tamban. Berdasarkan hasil dan pembahasan data penelitian tentang kesiapan guru dan siswa di SD Negeri 2 Tamban pascapandemic covid. Dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sudah siap dalam pembelajaran pascapandemic di karenakan ada faktor kesiapab sekolah sudah baik antara lain : input siswa, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, dan proses pembelajaran. Dalam kesiapan pembelajaran, guru sudah meningkatkan produktivitas di sekolahan, guru sudah mengembangkan LKPD untuk mengejar ketertinggalan di masa pandemic, namun untuk penggunaan teknologi sedikit dikurangi. Dalam kesiapan pembelajaran siswa, pembelajaran sudah siap  karena siswa sudah aktif di lingkungan sekolah maupun di pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-07