Kajian Aspek Fonologis Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini Di Kampung Setro Kota Surabaya

 Abstract views: 384

Authors

  • Kiki Ananda Dewi Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Wahyu Widayati Universitas Dr. Soetomo, Surabaya
  • Victor Maroli Tua Tobing Universitas Dr. Soetomo, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36456/wahana.v74i2.6301

Keywords:

Pemerolehan Fonologi Anak Usia Dini, Pemerolehan bahasa, Teori proses fonologi alamiah

Abstract

Abstrak

Kemampuan berbahasa pada anak diperoleh pertama kali pada usia dini. Tentunya kemampuan tersebut didasarkan pada pemerolehan fonologi pada anak. Pemerolehan fonologi pada anak usia dini menjadi berbeda bunyinya akibat dari keterbatasan pada alat ucapnya. Hal tersebut didasarkan karena pada usia dua hingga tiga tahun organ wicara pada anak belum matang sempurna, sehingga ujaran yang diproses menjadi berbeda bentuk, yaitu berubah, bertambah, atau berkurang. Proses pemerolehan fonologi tentu berhubungan erat dengan teori pemerolehan fonologi. Salah satu teori yang terdapat dalam pemerolehan fonologi adalah teori proses fonologi alamiah yang memiliki ciri khas menindas, membatasi, dan mengatur. Tujuan dilaksanakan penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penindasan, pembatasan, dan pengaturan pada pemerolehan fonologi anak usia dini 2-3 tahun. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan data berbentuk kata dari ujaran anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan ada dua, yaitu metode simak dan metode catat. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode padan. Hasil dari penelitian ini mengacu pada teori Stampe mengenai pemerolehan fonologi, yaitu terjadi penindasan pada fonem homorgan, terjadi pembatasan pada fonem hambat tegang, dan terjadi pengaturan pada proses produksi fonem sukar

 

Abstract

Language skills in children are obtained for the first time at an early age. Of course, this ability is based on the acquisition of phonology in children. The acquisition of phonology in early childhood becomes different in sound as a result of limitations in the speech apparatus. This is based on the fact that at the age of two to three years, the speech organs in children are not yet fully mature, so the processed speech becomes different forms, namely changing, increasing, or decreasing. The process of acquiring phonology is certainly closely related to the theory of phonological acquisition. One of the theories contained in the acquisition of phonology is the theory of natural phonological processes which have the characteristics of oppressing, limiting, and regulating. The purpose of this research is to describe the suppression, limitation, and regulation in the acquisition of phonology for early childhood 2-3 years. This type of research is a qualitative research with data in the form of words from the speech of early childhood. There are two research methods used, namely the listening method and the note-taking method. While the data analysis method used is the equivalent method. The results of this study refer to Stampe's theory of phonological acquisition, namely suppression of homoorganic phonemes, restrictions on tense inhibitory phonemes, and regulation of the production process of difficult phonemes.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-03