Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Pada Kompetensi Body Massage Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Taman Siswa
Abstract views: 147DOI:
https://doi.org/10.36456/wahana.v74i2.6425Keywords:
efektifitas, pembelajaran tematik, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran tematik pada kompetensi Body Massage terhadap hasil belajar siswa SMK Taman Siswa. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dan kualitatif. Teknik non probability sampling dengan sampling jenuh. Jenis desain penelitian Desain Quasi Experiment atau eksperimen semu dengan pola Non Equivalent Control Group Design. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan hasil independent sample t-test diperoleh nilai Asymp Sig (2-tailed) sama dengan 0,000 dimana nilai kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan pada model pembelajaran tematik terhadap hasil belajar. Hal ini didukung oleh perbedaan nilai rata-rata sesudah dilakukan posttest pada penerapan model pembelajaran tematik sebesar 18, 5750 sedangkan nilai rata-rata posttest pada penerapan model pembelajaran konseptual sebesar 13.1562. Hasil menunjukan bahwa model pembelajaran tematik memiliki efektivitas tinggi dari pada model pembelajaran konseptual, dalam artian model pembelajaran tematik dapat efektif dan diandalkan sebagai model pembelajaran yang baik untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK Taman Siswa Kudus.